Loading

wait a moment

Anggaran Belum Disetujui, Pihak Terkait  Pasang Ratusan Patok

KOTA – Belum adanya anggaran normalisasi saluran irigasi eks pangkalan. Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Pati lakukan pemasangan ratusan patok (tanda pembatas, red) dan papan nama di sepanjang saluran irigasi eks pangkalan di jalan raya Kecamatan Margoyoso menuju Juwana, pada saluran tersebut.

Kepala seksi (Kasi) Bina Manfaat Dinas PUSDA, Ari Yustiva mengatakan, memang pada 2017 sudah dilakukan pemasangan. Tetapi, baru sampai pada wilayah Kecamatan Trangkil saja. “Untuk 2018, kami akan melakukan pemasangan patok dan papan nama lagi dari Sambilawang hingga Juwana,” terangnya Jumat (12/1).

Rencananya jelas Ari, Dinas PUSDA akan mengirim 100 patok hingga Kecamatan Juwana. Meski pemasangan patok sudah dilakukan, rencana untuk normalisasi saluran irigasi eks pangkalan, masih dalam proses pengusulan. Saat ini, pemerintah masih fokus pada saluran irigasi yang masih aktif atau ada airnya. Seperti normalisasi Bendung Pangkalan di Kecamatan Margoyoso beberapa waktu lalu.

“Sebab, saat rapat komisi irigasi kami juga mengusulkan hal itu. Tetapi, terkait pelaksanaan kita tinggal menunggu persetujuan saja,” bebernya.

Pemasangan patok dan papan nama ini lanjutnya, bertujuan untuk menandakan bahwa lokasi tersebut adalah milik pemerintah. Hal ini juga bertujuan, untuk meminimalisir masyarakat melakukan upaya alih fungsi lahan. Sebab untuk mempermudah, ketika pemerintah akan melakukan normalisasi saluran tersebut.

“Kami yakin, saluran ini sangat dibutuhkan ketika terjadi intensitas hujan lebat agar tidak langsung tumpah ke jalan raya,” tandasnya. (aha/one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *