Gali Bakat, Pelajar NU Gelar Workshop Teater

0
535
SEMANGAT: Sejumlah pelajar saat melakukan pementasan sebagai akhir diselenggarakannya workshop baru0baru ini. (DOK TEATER BANYU)

JEPARA– Pimpinan ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan menggelar workshop teater di SMP Al Madina. Kegiatan itu bertujuan untuk menggali minat dan bakat pelajar yang tergabung dalam organisasi tersebut.

Ketua Ipnu Kaliombo Fiqi Nur Maulana mengatakan, kegiatan itu berlangsung selama dua hari mulai 15 hingga 16 Februari lalu. Dalam even yang merupakan progam kerja kepungurusan masa khidmat 2017-2019 itu diikuti sebanyak 25 pelajar.

“Kami ingin para pelajar NU juga mempelajari dan mendalami kesenian khususnya teater.  Lebih dari itu, saya berharap para pelajar NU bisa menjadikan teater sebagai media untuk berdakwah. Tentunya, akan lebih menarik jika ada teater yang berpegang pada nilai Islam Aswaja,” katanya kepada Lingkar Jateng Senin (19/2).

Ia menjelaskan, saat ini Ipnu Desa Kaliombo sudah memiliki teater sendiri yakni Teater Banyu. Dalam kegiatan itu, sejumlah materi disampaikan pemateri dari Teater Tigakoma. Diantaranya tentang penyutradaraan, keteateran, manajemen pementasan, make up, dan keaktoran.

Salah satu narasumber Yulian Atmaja menjelaskan, mengisi materi di workshop Teater Banyu berbeda dengan yang lain. Karena mereka memasukkan nilai-nilai Islam dalam setiap pementasan. “Teater banyu meniru konsep sunan kalijaga yakni dengan berdakwah lewat kesenian. Mereka juga selalu konsisten menonjolkan pesan moral dalam pementasannya,” urainya.(lut)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here