3 Unsur Pengamanan Perketat Wilayah

0
47
SERIUS: Jajaran kepolisian dan TNI saat adakan upacara di Mapolres Pati kemarin. (ISTIMEWA)


KOTA – Jajaran Kodim, Satpol PP dan Polres Pati siap untuk memberikan pengamanan Pascapengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019 secara nasional. Bahkan tiga unsur pengamanan tersebut bertekat untuk tetap menjaga ketertiban dalam masyarakat.
Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan, gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek persiapan personel dan sarana prasarana. Selain itu juga dalam rangka mempersiapkan PAM pascapengumuman pemilu oleh KPU pusat.
“Kita ketahui bersama bahwa KPU telah menyampaikan hasil rekapitulasi. Kita selaku aparat TNI maupun Polri harus siap mengamankan pascapengumuman tersebut,” ungkapnya kemarin.
Dirinya juga menegaskan apabila ada masyarakat atau sekelompok orang yang tidak terima dengan hasil rekapitulasi KPU tersebut, maka tempuhlah dengan jalur hukum. Jangan sampai membuat kegaduhan di masyarakat apalagi memprovokasi.
“Apabila di masyarakat ada desas-desus atau masyarakat yang kurang puas agar menyelesaikan dengan konstitusional, setiap konstentansi pasti ada kalah dan menang,” imbuhnya.
Lebih lanjut, TNI Polri dan instansi terkait harus siap mengamankan pascapenghitungan KPU dengan berbagai cara. Hal itu seperti cooling sistem, himbauan-himbauan kepada masyarakat baik melalui media mainstream atau online.
Penting juga untuk melaksanakan pencegahan-pencegahan yang sesuai dengan undang -undang. Demikian agar masyarakat sadar di dunia ini ada aturannya. “TNI Polri diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan, baik personil maupun Mako. Mari kita semangat memberikan rasa aman dan nyaman di masyarakat,” ajaknya.
Jon Wesly juga menegaskan, apabila terjadi kontijensi, TNI Polri harus siap melaksanakan Sispamkota. “Mari bersama – sama bersinergi untuk siap mengamankan pasca pengumuman hasil rekapitulasi pemilu di tingkat nasional dan khususnya di wilayah kabupaten Pati agar tercipta situasi aman dan kondusif,” tandasnya. (ang/one)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here