Tak Mau Kecolongan, Dishub Pati Pantau Langsung Kesiapan Armada Bus

0
91
PANTAU LANGSUNG: Kabid pengendalian dan operasi Dishub Pati Heri Purnomo bersama instansi terkait saat lakukan rump check PO Dream Leaner di Kecamatan Gembong kemarin. (ANGGA SAPUTRA/LINGKAR JATENG)

GEMBONG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati tengah melakukan rump check terhadap armada bus PO. Dream Leaner di Kecamatan Gembong kemarin. Hal tersebut bertujuan untuk monitoring kesiapan armada sebelum digunakan sebagai transportasi mudik. Adapun pengecekan terdiri dari kelengkapan dokumen perjalanan dan persyaratan teknis dan laik jalan. 
Kepala bidang pengendalian dan operasi Dishub Pati Heri Purnomo menjelaskan, terkait dengan rump check merupakan bagian tugas dari Dishub beserta Jasa Raharja dengan Satlantas sebelum armada bus menjemput penumpang yang akan melalukan mudik lebaran gratis oleh pemerintah daerah (pemda) yang akan berlangsung pada Jumat (31/5) nanti.
“Sebelum bus-bus ini berangkat maka kami lakukan pengecekan dahulu, yakni terkait surat-surat bus, kondisi bus dan juga driver dan pembantunya, karena itu sangat penting,” jelas Heri pada Lingkar Jateng.
Dengan Arus mudik yang begitu padat, lanjut Heri, pihak Dishub bertanggungjawab atas kelancaran dari aspek kesiapan tersebut. Ia menambahkan, jika Dishub akan mengadakan rump check di Terminal Kembang Joyo dengan mengggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati.
“Nantinya kita tensi drivernya, dan juga kita lalukan cek narkoba. Jika ada sopir yang terkena narkoba, otomatis akan kami batalkan dan tidak kami perbolehkan untuk membawa bus tersebut,” imbuhnya.
Untuk armada yang akan melakukan penjemputan pemudik, Heri menyebut pada Kamis (30/5) yang di koordinatori oleh Jasa Raharja. Ada sekitar 12 armada bus yang disiapkan. Sedangkan yang dari Pemkab Pati  melalui Dishub  sebanyak 8 armada bus. “Kami siap mengawal dari Pati sampai dengan Jakarta dan dari Jakarta sampai Pati,” tandasnya.
Sementara itu Sutrisno, pengurus PO Dream Leaner mengatakan, bahwa bus yang telah disiapkan untuk mudik sebanyak 4 unit, dengan kondisi baru dan ada juga yang baru keluar dari karoseri. Sehingga ia menyebut, PO Dream Leaner sangat siap memberikan yang terbaik untuk melalukan penjemputan mudik Lebaran.
“Prosedurnya memang seperti ini, untuk kenyamanan penumpang dan kelancaran mudik, saya senang karena pihak Dinas Perhubungan beserta jajaranya melakukan pengecekan terkait kesiapan kami,” pungkasnya. (ang/one)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here