Banyak Peserta Tak Manfaatkan Sistem Zonasi

0
35
SEMANGAT : Suasana PPDB di SMP 2 Kudus

KUDUS -Tingginya peminat jalur prestasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini menghiasi sejumlah sekolah favorit. Seperti yang terjadi di SMPN 1 dan SMPN 2 Kudus.

Di sekolah tersebut, jumlah pendaftar jalur prestasi begitu membeludak. Bahkan melebihi dari kuota yang disediakan yakni sebesar lima persen dari jumlah peserta didik yang diterima.

Suyanto, Ketua PPDB SMP 1 Kudus mengungkapkan pada hari pertama pembukaan PPDB pendaftar jalur prestasi di sekolahnya telah mencapi 63 peserta. Padahal kuota yang disediakan oleh pihaknya untuk jalur preatasi sebesar 12 siswa.

“Dari jalur prestasi kemungkinan kuotanya bisa bertambah. Karena jumlah peserta PPDB untuk jalur perpindahan orang tua sangat sedikit yakni 4 peserta,” katanya.

Pihaknya menyediakan kuota 24 siswa untuk jalur dan prestasi dan perpindahan orang tua. Sehingga sisa kuota dari jalur perpindahan orang tua bisa diisi dari jalur prestasi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rifai, Ketua PPDB SMP 2 Kudus. Dimana jumlah pendaftar jalur prestasi di sekolahnya mencapai 34 peserta. Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua masih kosong.

“Kalau hari ini tidak ada yang daftar, berarti kuota yang ada akan diambil dari jalur prestasi semua,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan PPDB ini, keduanya mengungkapkan bahwa banyak peserta didik yang kurang jeli dalam memanfaatkan sistem yang ada. Suyanto mengatakan banyak pendaftar di sekolahnya yang berasal dari zonasi SMP 1 Kudus. (ila/mg8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here