Lebih Dekat dengan Brigadir Ratih Candra Ayu,S.Pd.,M.M

0
173
Brigadir Ratih Candra Ayu,S.Pd.,M.M

MENJADI seorang polwan merupakan salah satu cita-cita yang sangat diidam-idamkan oleh mayoritas kaum wanita waktu masih duduk di bangku sekolahan maupun setelahnya. Tak ayal banyak orang tua dari mereka menyekolahkan khusus pendidikan polisi.

Seperti halnya Brigadir Ratih Candra Ayu,S.Pd.,M.M, meskipun awalnya ia bercita-cita menjadi seorang guru, dengan menempuh pendidikan kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Ia mengambil jurusan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKLO), namun ditengah perjalanan tepat pada tahun 2006 ia mendapatkan informasi pendaftaran Polri dari pelatih Volly pantai yang ia ikuti.

“Pas ada pendaftaran polri dikasih tahu pelatih volly buat ikut daftar akhirnya langsung daftar dan alhamdulillah diterima dan ikut pendidikan di SEPOLWAN 5 Bulan,” ucapnya.

Meskipun menjadi seorang Polwan bukan pekerjaan yang mudah, ia malah senang dengan pekerjaannya saat ini. Sebab dengan bekerja menjadi Polwan ia bisa membantu banyak orang yang berurusan dengan hukum, sedikit banyak pasti ia mengerti alur hukum.

Ibu kelahiran kota Pati tersebut mengaku mulai bertugas di Jepara tahun 2007 silam. Ia mengemban karir sebagai brigadir satsabhara polres Jepara tahun 2007 – 2010, selepas itu berlanjut menjadi brigadir satlantas polres Jepara tahun 2010 sampai sekarang. “Lebih tepatnya menjadi Bamin Urmintu satlantas polres Jepara,”tuturnya.

Dari selama kurang lebih 12 Tahun bertugas di Jepara, dengan kedisiplinan dan ketekunannya, pada tahun 2019 ini, ia mendapatkan apresiasi dari ibu ketua  bhayangkari Polda Jateng dengan memberangkatkannya ibadah Umroh secara gratis. Selain itu juga ia dinobatkan sebagai polwan dan bhayangkari yang mampu melaksanakan tugas dan kegiatan dengan baik dan seimbang tanpa meninggalkan kodrat sebagai ibu. Selain itu prestasi baik di bidang kedinasan dan kemasyarakatan menjadi faktor pendukung diserahkan penghargaan tersebut.

“Kemarin ceritanya surprise, jadi aku sama sekali tidak mengeti, soalnya kategori yang mendapatkan umroh gratis itu bhabinkamtibmas dan bhayangkari teladan. Namun Alhamdulillah pada saat diumumkan baru ngerti kalau yang dapat saya,”pungkasnya. (mg1/mg8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here