Cegah Peredaran Narkoba, Urine Polisi Mendadak Diperiksa

0
105
CEK: Petugas Sie Propam dan dokes Polres Grobogan sedang memeriksa urine anggota Polres Grobogan di Mapolres setempat kemarin. (MUHAMAD ANSORI/LINGKAR JATENG)

GROBOGAN– Secara mendadak anggota Sat Reskrim, Sat Narkoba dan Sat Intelkam yang berpakaian pereman diminta melakukan tes urine kemarin. Kegiatan itu dilakukan oleh Sie Profesi dan Pengamanan (Propam) bekerjasama dengan bagian Dokkes di Mapolres Grobagan.

Para anggota kepolisian itu secara berbondong-bondong ke kamar kecil sambil membawa gelas plastik ukuran kecil. Kemudaian mereka diminta mengumpulkan urine untuk tes konsumsi narkoba.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq melalui Kasi Propam Iptu Mujiyadari  menegaskan, tes urine dilakukan kepada polisi khususnya yang berpakaian preman. Tujuannya, untuk memastikan anggota Polres Grobogan bersih dari pengaruh narkoba.

“Pemeriksaan ini dilakukan secara mendadak sehingga tidak ada kesan rekayasa. Nantinya, seluruh personel Polri maupun pegawai sipil Polri akan mengikuti kegiatan yang sama,” tegas Kasi Propam.

Pihaknya menjelaskan, pelakasanaan test urine untuk memastikan bahwa parapetugas kepolisian tidak mengkonsumsi barang haram tersebut. Tes ini dilakukan sebagai wujud tanggung jawab sebagai penegak hukum dan menunjukkan keseriusan polisi dalam memerangi peredaran narkoba.  “Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Dokkes Polres Grobogan, belum ada temuan adanya anggota yang terindikasi memakai narkoba. Kalau memang hasil tes ada yang terbukti menggunakan narkoba maka akan diambil tindakan tegas, termasuk pemecatan,” ucapnya.(ori/lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here