Dorong Petumbuhan Ekonomi Kreatif di Kota Garam

0
29
MEMESONA: Salah satu peserta memeragakan busana kreatif yang dirancang para milenial asal Kabupaten Rembang baru-baru ini. (DOK PT SG FOR LINGKAR JATENG)

REMBANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menggelar Rembang Kreatifest dalam rangka HUT ke-278 kabupaten tersebut baru-baru ini. Kegiatan yang didukung penuh PT Semen Gresik itu diharapkan mampu mendorong kemajuan sektor ekonomi kreatif.

Rembang Kreatifest yang merupakan hasil kolaborasi antara Semen Gresik dengan Dinas Indagkop Kabupaten Rembang ini diisi beragam kegiatan. Mulai dari workshop fotografi, videografi, kelas kecantikan, sinematografi hingga desain produk yang disokong penuh oleh Semen Gresik. Kegiatan itu digelar sejak Jumat – Sabtu (19-20/7) malam di sepanjang Jalan Kartini Rembang.

Selain itu beragam stand sektor usaha ekonomi kreatif juga dipromosikan di ajang bergengsi ini. Beberapa diantaranya stand custom motor, batik, lukisan, stand Ikatan Wedding Fotografer Rembang, Creative Community Network Rembang, Jejaring Arsitek Rembang dan lain sebagainya.

Peserta yang mayoritas generasi milenial juga ditantang mengikuti Semen Gresik Mural Challenge. Lomba mural ini ada yang menggunakan medium becak dan keranjang belanja.

“Kalangan milenial dan sektor ekonomi kreatif adalah harapan masa depan. Rembang Kreatifest merupakan bagian dari upaya kita agar masa depan Rembang lebih cerah,” kata Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik, Gatot Mardiana baru-baru ini.

Rembang Kreatifest 2019 juga dimeriahkan dengan Rembang Night Fashion Carnival. Tiga pemenang event Semen Gresik Reycycle Carnival di Pantai Nyamplung beberapa waktu lalu juga ditampilkan di ajang ini. Lewat upaya ini, Semen Gresik menyampaikan pesan pentingnya menjaga lingkungan dengan cara bijak mengolah sampah.

“Dengan sentuhan kreativitas maka sampah bisa menjadi produk yang bernilai seni dan ekonomi tinggi,” ujar Gatot Mardiana.

Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengapresiasi kegiatan ini. Sebab saat ini Rembang memang sudah masuk dalam kabupaten kreatif, khususnya bidang kriya. “Saya berterima kasih kepada berbagai pihak yang mendukung kegiatan ini. Semoga sektor industri kreatif di Rembang lebih menggeliat seiring event ini,” tandasnya.(lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here