Manfaatkan Medsos, Mudahkan Informasi Ketersediaan Blanko E-KTP

0
177

KUDUS- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kudus kekurangan blangko e-KTP sejak akhir April. Untuk memudahkan informasi ke masyarakat jika blanko tersedia, dinas tersebut memanfaatkan berbagai media sosial (medsos)

Salah satu warga Adi (30) mengatakan, warga yang sedang mengurus perubahan status dalam e-KTPnya ini mengaku diberi tenggang waktu satu bulanan. “Belum bisa memastikan mas. Katanya kira-kira satu bulanan.” Kata warga Kecamatan Kaliwungu ini.

Tidak jauh beda dialami oleh Zaenal Arifin (28), warga Kecamatan Kaliwungu. Ia yang sedang mengurus e-KTP dan KK ini mengaku belum bisa mendapatkan e-KTP langsung.
“Karena itu dari Jakarta, jadi belum bisa dipastikan kapan, mas. Tapi disini termasuk cepat,” tegas lelaki yang mempuanyai saudara di Kabupaten Grobogan ini.

Hal senada dialami Heri (25). Warga Kecamatan Bae ini mengaku telah menunggu lebih dari satu bulan untuk dipanggil pihak Disdukcapil. Menurutnya, informasi terkait ketersediaan blanko E-KTP di Disdukcapil Kudus sangat terbuka. Sehingga ia merasa puas dengan pelayanan instansi tersebut.

“Ada pengumuman di Istagram. Warga yang mempunyai suket bertanggal hingga 12 Juli bisa mecetak e-KTP. Dan dilalah, suket saya bertanggal 11 Juli,” ujarnya saat ditemui di kantor Disdukcapil untuk mengambil e-KTP belum alama ini.

Plt. Kepala Disdukcapil Kudus Drs, Eko Hadi Djatmiko M. Si mengaku ketersedian blangko ada, tapi pihaknya sementara hanya bisa melayani warga yang telah mendapatkan Suket yang bertanggal 7 Mei 12 Juli 20019.
“Ada. Tapi yang diutamakan yang awal-awal. Jadi bertahap,” tegasnya saat ditemui di Kantor Disdukcapil baru-baru ini.

Blangko e-KTP saat ini yang mengadakan adalah pihak dari Kementian Dalam Negri Republik Indonesia (Kemendragri RI). Jadi pihak Disdukcapil Kudus belum bisa memastikan secara pasti kapan ketersedian blangko ada lagi. “Kalau pusat ada pengadaan, kita disuruh mengambil,” tandasnya.(cr3/lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here