Program Wassalam, Sekali Urus Dapat Tiga Dokumen Sekaligus

0
110
Petugas Disdukcapil Kudus menyerahkan dokumen kematian ke rumah salah satu warga sebagai bagian dari pelayanan antar langsung dokumen kependudukan ke masyarakat. (DOK DISDUKCAPIL KUDUS)

KUDUS– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus mempunyai beberapa inovasi. Salah satu inovasi tersebut adalah program Wassalam (Wafat Sehari Langsung Dapat Surat Kematian). Program ini memudahkan warga untuk mendapatkan akta kematian.

Plt. Disdukcapil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko mengungkapkan, ada dua paket dalam program ini. Pertama paket Wassalam 2 in 1. Dengan paket ini, warga akan terbantu untuk mendapatkan akta kematian dan perbaruan kartu keluarga sekaligus. Paket kedua adalah Wassalam 3 in 1. Selain mendapatkan akta kematian dan perbaruan kartu keluarga, pengguna program ini juga akan mendapatkan perbaruan e-KTP.

“Paket ini ditujukan untuk warga yang kehilangan suami atau istrinya. Perbaruan e-KTP bertujuan untuk merubah status dari nikah menjadi cerai mati. Warga tak perlu dua atau tiga kali melalukan permohonan. Cukup hanya sekali saja langsung mendapatkan dua atau tiga dokumen,” kata Eko ketika ditemuai di kantor dinasnya beberapa hari yang lalu. Selama ini, dalam setahun lebih dari 500 warga menggunakan program ini. Dengan jumlah tersebut, warga terpuaskan dengan pelayanan yang telah diberikan Disdukcapil. Ia berharap, kedepannya, pelayanan Disdukcapil semakin berkualitas dan bermanfaat kepada warga Kudus. (cr3/lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here