Jempol Dukcapil, Jemput Bola Ala Disdukcapil Kudus

0
63

UMAR HANAFI/LINGKAR JATENG
CEKATAN: Petugas Jempol Dukcapil melayani salah satu warga Prambatan Lor belum lama ini
.

KUDUS– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus memiliki berbagai program untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pencacatan sipil. Salah satu program itu adalah Jempol Dukcapil (Jemput Bola Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Ditemui di kantor Disdukcapil beberapa hari lalu, Plt Kepala Disdukcapil Kudus, Eko Hari Djatmiko menerangkan, program ini diperuntukkan di seluruh desa/kelurahan di semua kecamatan Kabupaten Kudus, kecuali kecamatan kota.

“Kita sediakan mobil keliling untuk mendatangi sekitar 130 desa/kelurahan di Kabupaten Kudus guna pelayanan permohonan e-KTP, akta kelahiran, akta kematian, perbaruan kartu keluarga dan lainnya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan mobil ini keliling hampir tiap hari, kecuali Sabtu dan Minggu. Ada tiga petugas di dalam mobil ini. Ketika ditemui di desa Prambatan Lor, baru-baru ini, Japri Septa,27, salah satu petugas Jempol Dukcapil mengatakan, ia membutuhkan dua hari untuk melayani satu desa. Dimulai jam delapan pagi hingga jam dua siang.

“Biasanya hari pertama sepi. Tapi kalau hari kedua bisa sampai pukil 15.00. Tergantung kondisi. Tapi kalau untuk hari jumat kita tutup sekitar pukul 11.00,” ungkapnya.

Ia memaparkan, jauh hari sebelum mereka ke desa/kelurahan yang dituju, pihaknya memberi surat pemberitahuan terlebih daluhu kepada kepala desa terkait agar diumumkan ke masyarakat desa.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here