Loading

wait a moment

Usulkan Tanah Provinsi untuk Sentra UKM

REMBANG– Bupati Rembang Abdul Hafidz berkeinginan agar tanah milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dapat dimanfaatkan sebagai sentra UKM Rembang. Lahan tersebut seluas sekira setengah hektar di Desa Pasarbanggi, Kecamatan Rembang.

Bupati Abdul Hafidz mengatakan, adanya sentra itu bisa membantu pegiat UKM memasarkan produk hasil inovasinya. Usulan tersebut juga disampaikan ke Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat menghadiri ajang Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster Rembang Barat di Gedung Haji Kabupaten Rembang kemarin.

“Sudah saya sampaikan ke Pak Wakil Gubernur. Saya minta tanah provinsi di Pasarbanggi yang tidak digunakan. Akan saya gunakan sebagai sentra UKM. Sebab, semua desa sudah berinovasi dan berkarya. Semua produk inovasi punya nilai plus. Tinggal bagaimana memasarkannya. Ini yang perlu kita carikan jalan. Maka, pemerintah mendorong untuk pemasaran ini,” katanya.

Menurut Hafidz, lokasi lahan tersebut strategis karena berada di tepi jalur Pantura. Jika lahan itu berhasil dimanfaatkan untuk kepentingan UKM, hal ini dapat membantu program pemberdayaan yang dicanangkan Pemkab Rembang.

“Setelah sebelumnya fokus ke pembangunan infrastruktur, sekarang kita mulai bergeser ke pemberdayaan manusia dan potensi desa. Kita mendorong masing-masing desa agar meningkatkan potensi dan pemberdayaan masyarakatnya,” ucapnya.

Lanjutnya, adanya inovasi dan pemberdayaan masyarakat desa tidak akan ada lagi yang berpikir untuk bekerja jauh dari rumah.

“Kalau dulu banyak yang bekerja ke luar negeri atau luar daerah. Nanti dengan adanya desa yang sudah mapan dalam pengelolaan potensi dan sumber daya manusianya, akan bergeser. Orang kota yang ke desa, bukan sebaliknya. Kira-kira seperti itu,” paparnya.

Bursa Inovasi Desa Cluster Rembang Barat memamerkan dan memasarkan produk-produk inovasi dari tujuh kecamatan. Diantaranya Kecamatan Gunem, Bulu, Sulang, Kaliori, Sumber, Rembang, dan Pamotan. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *