Tingkatkan Literasi, Lingkar Jateng Gandeng Mizan

0
84

KERJASAMA: Direktur Lingkar Jateng (kiri) Muhammad Syauqi dengan Marketing Communication Mizan (kanan) Hamzah Reevi bersalaman sambil menunjukkan produk koran Lingkar Jateng. (CR1/LINGKAR JATENG)

YOGYAKARTA – Dalam meningkatkan literasi kepada anak-anak sekolah khususnya dalam dunia tulis menulis, Lingkar Jateng dan Mizan bekerjasama mengadakan pelatihan jurnalistik kepada anak-anak sekolah. Kerjasama tersebut dilakukan setelah Lingkar Jateng menggelar Workshop Jurnalistik di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Sabtu lalu (31/8).

Marketing Communications Mizan Hamzah Reevi menyebutkan, kerjasama ini tujuannya bukan keuntungan finansial. Akan tetapi untuk mendorong dan meningkatkan literasi di kalangan anak muda sejak dini.

”Dari kerjasama ini, Mizan siap untuk memberikan pelatihan kepenulisan atau jurnalistik untuk anak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di wilayah Jawa Tengah (Jateng). Selain itu, Lingkar Jateng sebagai perusahaan media cetak memiliki tempat untuk menampilkan karya tulis dari anak-anak tersebut,” kata Reevi.

Sejalan dengan pemikiran pihak Mizan. Direktur Lingkar Jateng Muhammad Syauqi juga menyebutkan, ada budaya literasi yang hilang dikalangan anak-anak muda saat ini. ”Ada loncatan literasi di kalangan anak muda kita. Minat baca anak muda masih bagus. Tapi setelah budaya membaca kita langsung disuguhkan dengan budaya menonton, sehingga budaya menulisnya malah diloncati,” katanya.

Sebagai media, Lingkar Jateng juga memiliki kontrol sosial untuk meningkatkan dan mendorong literasi di kalangan pelajar. ”Intinya kita sebagai media juga ingin menjembatani untuk meningkatkan literasi dikalangan pelajar,” imbuh Syauqi. (cr1/one)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here