Loading

wait a moment

Peringatan HUT Ke-470 Kabupaten Kudus Berlangsung Meriah

ANTUSIAS: Plt Bupati Kudus HM Hartopo (kanan) bersama Sekda Kudus Samani Intakoris (kiri) menyaksikan para peserta karnaval mobil hias dengan penuh antusias baru-baru ini. (DOK. DISKOMINFO KUDUS FOR LINGKAR JATENG)

Pacu Kreativitas Promosi Wisata Budaya lewat Karnaval

KUDUS– Tak seperti biasanya, mobil-mobil yang melintas perlahan di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, kemarin, nampak indah. Hiasan warna-warni dan bunga menutupi seluruh badan mobil. Mereka merupakan peserta lomba karnaval mobil hias dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ) ke-470 Kabupaten Kudus. Plt. Bupati Kudus HM Hartopo beserta Hj. Mawar Hartopo menyaksikan langsung dengan penuh antusias.

“Saya apreasiasi karena peserta karnaval menampilkan pesona wisata Kota Kudus. Saya yakin tak mudah menghias mobil menjadi indah seperti itu. Selain itu, masyarakat jadi semakin mengenal berbagai wisata Kudus,” ucapnya.

Hiasan yang ditampilkan mobil di antaranya bernuansa wisata dan budaya Kudus. Ada yang menampilkan Masjid Wali Loram, Bendungan Logung, Filosofi Gusjigang, Museum Patiayam, Lentog Tanjung, dan lain-lain. Hartopo mengapresiasi adanya karnaval mobil hias. Menurutnya, karnaval tersebut sebagai bentuk inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam menampilkan budaya Kota Kretek.

TERHIBUR: Mawar Hartopo (dua dari kiri) melambaikan tangan ke peserta dan merasa terhibur menyaksikan para karnaval mobil hias baru-baru ini.

Hartopo menyampaikan, acara karnaval memang harus diagendakan setiap tahun karena merupakan bentuk pelestarian budaya di Kudus. Apalagi, setiap tahun selalu ada inovasi. Pihaknya meminta agar masyarakat selalu aktif dalam memunculkan tradisi yang belum diperkenalkan melalui kirab dan karnaval.

“Kirab maupun karnaval dapat mengenalkan tradisi Kudus. Terus gali, munculkan, dan kembangkan ikon Kudus. Pemerintah yang akan memfasilitasi,” pintanya.

Selain dinas, sekolah, dan perusahaan swasta.  Berbagai komunitas mobil Kudus juga ikut meramaikan acara. Di akhir acara, pemenang lomba karnaval mobil hias diumumkan. PT Djarum berhasil menjadi pemenang pertama. Sementara juara kedua Dinas PUPR Kudus, dan juara ketiga diraih oleh Rumah Sakit Aisyiyah Kudus. (adv/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *