Lengkapi Informasi Koleksi Museum Purbakala Grobogan

0
30

GROBOGAN– Tim Badan Pelestari Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran bersama Balai peneliti Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah ke musium purbakala Grobogan. Mereka melakukan pendataan, kajian konservasi dan pelabelan benda-benda purbakala di museum tersebut 18 Juni lalu.

Melalui pengkajian tersebut, akan didapatkan informasi lengkap terhadap benda-benda purbakala di museum tersebut. Sehingga, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) dapat memberikan penjelasan detil terkait benda purbakala yang disimpan. Museum yang dikelola Disporabudpar ini letaknya ada di komplek kantor Dinas Pendidikan Grobogan. Disana terdapat banyak koleksi benda masa lalu.

Sekretraris Disporabudpar Kabupaten Grobogan Edi Santoso mengatakan, jumlah koleksi benda masa lalu yang ada di museum sekitar 86 buah. Selain benda cagar budaya, ada juga sejumlah benda purbakala berupa potongan fosil hewan-hewan purba.

“Sejauh ini, koleksi tersebut belum memiliki diskripsi informasi yang lengkap. Misalnya, potongan fosil itu milik hewan apa, berapa usianya, dan terdapat pada bagian apanya,” katanya.

Data yang ada hanya menyebutkan lokasi dan tahun penemuannya saja. Minimnya informasi inilah yang menyebabkan pihaknya juga kesulitan untuk memberikan penjelasan pada masyarakat.

“Dari kondisi inilah kita kemudian minta pihak BPSMP dan BPCB untuk melakukan kajian terhadap koleksi yang ada di museum ini. Dari kajian ini nanti akan kita dapatkan informasi yang lebih lengkap terhadap benda-benda bersejarah ini,” ujarnya. (ori/lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here