Perkuat Sinergitas dan Kondusifitas Wilayah, Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi

0
20
Jajaran Forkopimda Kudus saat rakor di pendapa kabupaten Senin (16/09/2019)

KUDUS – Kabupaten Kudus tidak akan damai, kondusif, dan sejahtera apabila unsur eksekutif, legislatif, dan yudikatif tidak saling bekerjasama. Perwujudan sinergitas tersebut dibuktikan dengan diadakannya rapat koordinasi Forkopimda Kabupaten Kudus. Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo memimpin langsung rapat yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Kudus, Senin (16/9). 

Plt. Bupati Kudus HM Hartopo memaparkan Pemkab Kudus memprioritaskan peningkatkan daya saing ekonomi; tata kelola pelayanan publik yang transparan, akuntabel, dan pasrtisipan; terciptanya kehidupan yang tertib, aman, dan nyaman; serta pembangunan yang berkelanjutan. 

Poin paling penting dari beberapa prioritas tersebut adalah Pemkab Kudus berupaya menciptakan kehidupan yang tertib, aman, dan nyaman. Menurut H.M. Hartopo program yang disusun telah mempertimbangkan potensi daerah. 

“Yang paling penting dari sinergitas antar semua instansi adalah kehidupan yang nyaman dan damai. Tak adanya kenyamanan mustahil pembangunan dapat tercipta,” ucapnya.

Adanya rapat menyambung kembali tali silaturrahmi dan penyatuan kembali visi misi dari unsur eksekutif, legislatif, dan yudikatif. H.M. Hartopo pun mengajak para pemangku kepentingan berembug bersama di pendopo ketika ada permasalahan. 

Solidnya Forkopimda akan berimbas pada kondusifitas Kudus. Pihaknya pun berjanji akan terus meningkatkan kinerja dan transparansi. 

“Penting sekali ada rutinitas seperti ini. Kalau ada masalah bisa ngopi bareng dan berembug di sini. Semua itu agar tercipta Kudus yang modern, cerdas, religius, dan sejahtera,” jelasnya.

Senada dengan paparan H.M. Hartopo, Ketua DPRD sementara Masan menyatakan DPRD akan terus mengawal kebijakan pemerintah. Masan juga menjelaskan hubungan eksekutif dan legislatif kedudukannya setara dan bersifat kemitraan. Begitu pula DPRD akan terus menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan sesuai Undang-Undang. 

“Sebagai legislatif, kami akan mendukung pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat dan bekerja sesuai Undang-Undang yang berlaku,” paparnya.

Sementara itu, Dandim 0722/Kudus Letkol Arm Irwansyah mengungkapkan berbagai perubahan era globalisasi yang harus disikapi secara bijaksana. Perubahan perilaku dan pola pikir akibat globalisasi juga berimbas pada perubahan gaya hidup dan timbulnya masalah baru di masyarakat. 

Seperti di daerah lain, semua efek globalisasi juga terjadi di Kudus. Oleh karena itu, pihaknya meminta semua pihak bersinergi dalam menjaga keamanan Kudus yang selama ini telah kondusif. 

“Mari kita semua tetap menjaga keamanan Kabupaten Kudus agar selalu kondusif seperti saat ini,” ujarnya.(adv/lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here