Tunggu SK Gubernur, Pimpinan Dewan Segera Definitif

0
68

BERI SELAMAT : Dari kanan Pempred Lingkar Jateng Hery Setiawan, Ketua DPRD Pati Ali Badrudin (tengah) dan Kabiro Lingkar Jateng Semarang Danny Lutvi Hidayat.(MUHAMMAD NAUFAL/LINGKAR JATENG)

PATI – Anggota DPRD Kabupaten Pati masa keanggotaan 2019 – 2024 telah menyetujui dan menetapkan calon pimpinan DPRD Kabupaten Pati. Calon-calon pimpinan dewan yang akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah itu, dari Partai Politik (Parpol) peserta pemilu dengan perolehan suara terbanyak.

Ketua sementara DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin mengatakan, pihaknya selaku pimpinan sementara akan berkirim surat kepada Gubernur Ganjar melalui Bupati Pati untuk mendapat SK definitif. Ia berhap secepat mungkin untuk dimintakan persetujuan. Tentunya, hal itu sesuai dengan aturan gubernur harus berproses untuk menjawab surat yang dikirim pimpinan semetara DPRD Kabupaten Pati.

“Setelah menerima Surat Keputusan dari Gubernur Jawa Tengah, pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pati akan mengikuti serangkaian pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Pati. Setelah itu kita baru proses tahapan berikutnya pembentukan alat kelengkapan. Karena alat kelengkapan dewan sesuai PP 12 tahun 2018 maupun sesuai dengan UU MD3 dan tata tertib DPRD Kabupaten Pati Nomor 1 tahun 2019 setelah pimpinan definitif terbentuk, baru diperkenankan menyusun alat kelengkapan DPRD Kabupaten Pati,” terangnya kepada Lingkar Jateng.

Ali Badrudin menyebut, posisi pimpinan dewan ditentukan oleh perolehan suara partai terbanyak. Sesuai dengan hasil pemilu lalu, suara partai terbanyak diperoleh PDIP, Demokrat, Gerindra dan PKB. Dari keempat itulah kemudian mengusulkan nama calon pimpinan DPRD Kabupaten Pati.

Dalam rapat paripurna itu, partai-partai tersebut memberikan rekomendasi nama calon pimpinan untuk diumumkan kepada forkopimda. Dari hasil tersebut, PDIP merekomendasikan Ali Badrudin sebagai ketua DPRD. Sebelumnya, Ali juga menjabat sebagai ketua DPRD Pati dan menjadi ketua sementara usai pelantikan dan pengambilan sumpah lalu.

Sementara itu, posisi wakil ketua I berasal dari partai Demokrat yaitu Joni Kurnianto. Sementara untuk wakil ketua II berasal dari partai Gerindra yang menunjuk Hardi, dan wakil ketua III dari Partai Kebangkitan Bangsa, yakni Muhammadun. Selanjutnya nama-nama calon pimpinan DPRD Kabupaten ini akan dimintakan persetujuan Gubernur Jawa Tengah untuk ditetapkan menjadi pimpinan DPRD Pati definitif. (ang/one)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here