Pemkab Kudus Terus Bangun Daerah Pinggiran, Ajukan 10 Bangub

0
45
Salah satu kondisi jalan di daerah pinggiran di Kecamatan Undaan belum lama ini.


KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengajukan sepuluh rencana strategis pembangunan daerah dengan menggunakan Bantuan Gubernur (Bangub) Jawa Tengah. Pengajuan itu tepatnya pada penganggaran 2020 mendatang.

Plt. Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, usulan bangub ini telah ditetapkan oleh pihaknya sebagai prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kudus. Adapun sepuluh proyek yang tengah diajukan pembangunannya meliputi pembangunan jalan, jembatan, drainase dan pasar.

“Kita pinginnya bisa membangun semuanya. Hanya saja, APBD kita anggarannya terbatas. Makanya rencana pembangunan ini kita ajukan pakai Bangub,” terangnya baru-baru ini.

Dia menyebut, rencana pembangunan jalan dan jembatan paling banyak diajukan pihaknya tahun ini. Hal ini ditujukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di sejumlah daerah. Utamanya pada daerah pinggiran.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo didampingi Kepala Dinas Kominfo Kudus Kholid Seif (kanan) diwawancarai awak media usai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

“Dalam pengajuan kali ini, memang kita fokuskan pada pembangunan infrastruktur di daerah pinggiran. Karena selama ini mereka kurang tersentuh. Makanya kini kita upayakan agar infastruktur di sana bisa memadahi,” tandasnya.

“Kalau infrastrukturnya baik, maka pertumbuhan ekonomi di sana juga akan meningkat. Dengan begitu, warganya bisa modern, cerdas dan sejahtera,” lanjut Hartopo.

Secara rinci dia menyebut, ada dua pembangunan jembatan yang tengah diajukan pihaknya ke Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan bantuan dana bangub. Dua jembatan tersebut adalah Jembatan Karangsambung dan Kandangmas-Cranggang.

Sementara untuk pembangunan jalan ada lima, yakni pembangunan jalan akses menuju Bendungan Logung, Jalan Tanjungrejo-Kandangmas, Jalan Mijen, Jalan Colo-Dukuhwaringin dan Jalan Dukuhwaringin-Tergo. Kemudian pembangunan drainase dan trotoar untuk City Walk Jalan Lingkar Utara, Gondangmanis, serta revitalisasi Pasar Baru.

“Semoga ajuan rencana pembangunan itu disetujui oleh Gubernur,” harap Hartopo.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus Apriliana Hidayati menambahkan, saat ini jalan dan jembatan yang diajukan bantuan keuanganannya via Bangub kondisinya cukup memprihatinkan. Sehingga dia mengklaim bahwa pembangunan ini masuk kategori mendesak. “Jadi membutuhkan penanganan segera,” kata Apriliana. (adv/ila/mam/lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here