Pemkab Gunungkidul Belajar Turunkan Angka Kemiskinan ke Rembang

0
25
BAHAS: Jajaran Pemkab Rembang bersama Pemkab Gunungkidul berdiskusi terkait strategi penanggulangan dan pengurangan angka kemiskinan kemarin. (DOK HUMAS REMBANG)

REMBANG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mendapat kunjungan kerja dari Pemkab Gunungkidul kemarin. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk mempelajari penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Rembang yang mengalami penurunan signifikan dari tahun ke tahun.

Rombongan Pemkab Gunungkidul dipimpin oleh Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi. Mereka diterima Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto di ruang rapat Bupati.

Wabup Bayu Andriyanto mengatakan, Kabupaten Rembang merupakan daerah dengan presentase penduduk miskin terbanyak ke-7. Capaian ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yang menempati posisi ke-5 se Jawa Tengah.

“Penurunan kemiskinan di Kabupaten Rembang terbilang cukup tinggi, bahkan tertinggi se Jawa Tengah dengan presentase penurunan sebanyak 3%,” urainya.

Lanjut Bayu, ada beberapa strategi yang digunakan Pemkab Rembang dalam menangani kemiskinan. Diantaranya mengurangi beban pengeluaran penduduk miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan penduduk miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil.

“Selain itu, kami mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan. Kita tidak cukup kalau hanya dari anggaran APBD, tanpa semuanya satu kesatuan nyambung dan juga melibatkan pihak ke tiga untuk kita minta bantuan,” urainya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menuturkan, pada 2017 presentasi kemiskinan yang ada di Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Rembang hampir sama. Namun pada 2018 Kabupaten Gunungkidul sudah tertinggal jauh dari Rembang.

“Untuk itulah kami sowan untuk silaturahmi sekaligus memperoleh apa yang sudah Pemkab Rembang lakukan dalam hal penurunan kemiskinan. Lebih dari itu kami juga ingin memperoleh banyak hal untuk memotivasi, bisa menambah informasi dan skill bagi temen-temen kami dalam mengelola masalah penanggulangan kemiskinan,” ujarnya. (lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here