Pemohon Baru Langsung Dapat E-KTP

0
34
MUDAH: Para pemohon baru menunjukkan E-KTP yang didapatkannya Rabu (9/10/2019).(UMAR HANAFI/LINGKAR JATENG)

KUDUS – Saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus masih kekurangan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Hal tersebut mengakibatkan pencetakan E-KTP dilaksanakan secara bertahap.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi pemohon baru. Pemohon E-KTP yang baru, mencapai umur 17 tahun atau baru memohon pertama kali dapat langsung mendapatkan E-KTP. 

“Berdasarkan keputusan MK (Mahkamah Konstitusi, red) tanggal 26 Maret 2019, pencetakan E-KTP diprioritaskan untuk hal-hal yang mendesak dan bagi perekaman baru. Sedangkan yang mencetak untuk pengganti E-KTP yang hilang dan untuk mengganti elemen data yang telah berubah, kami terbitkan Suket,” kata Sekretaris Disdukcapil Kudus Putut Winarno saat ditemui di kantornya Rabu (9/10/2019).

Ia menegaskan pencetakan E-KTP ini tidak memerlukan waktu yang lama. “Selama persyaratan lengkap, sebelum 1×24 jam sudah jadi. Bisa ditunggu,” tandasnya.

Hal ini disyukuri oleh beberapa pemohon baru. Salah satunya adalah Syarifa (17) warga Kecamatan Dawe ini merasa senang, karena bisa langsung mendapatkan E- KTP. “Saya merasa senang, bisa dimudahkan dalam permohonan E-KTP” ujarnya.

Tak hanya Syafira, hal senada juga diungkapkan Fita (17). Warga Kecamatan Bae ini merasa dimudahkan dan tak perlu menunggu untuk mendapatkanE- KTP.

“Mumpung ada waktu. Karena di sekolah, guru ada rapat dan pulang pagi, maka saya memohon pembuatan E-KTP. Selain itu juga gratis dan tak perlu menunggu lama,” katanya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here