Kudus Ekspo Lampaui Target, Produk Koperasi Laris Manis

  • Bagikan
Salah satu stand dalam gelaran Kudus Ekspo.

KUDUS – Berbagai produk koperasi binaan Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus rupanya banyak dilirik dan diminati oleh pengunjung Kudus Expo 2019. Hal ini dibuktikan dengan realisasi penjualan Kudus Expo 2019 yang berhasil melebihi target yang ditentukan.

Bambang Tri Waluyo, Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kudus mengatakan, realisasi penjualan industri kecil menengah (IKM) dan koperasi binaan dinasnya di Kudus Expo tahun ini, berhasil menembus angka Rp 1,2 miliar. Sementara target yang ditetapkan Pemkab Kudus sebesar Rp. 1 miliar.

“Ini baru dari stan di dalam, belum yang di luar,” katanya Selasa (15/10) malam.

Bambang mengungkapkan, tingginya penjualan produk di Kudus Expo tahun ini, tidak luput dari keberhasilan pihaknya dalam membina sekitar 60 IKM dan Koperasi di kota kretek.

Rofiq Fachri, Plt. Kabid Koperasi dan UKM Disnakerperinkop dan UKM Kudus menyebut, bentuk pembinaan yang dilakukan pihaknya meliputi pemberian pelatihan keahlian dan menejemen pengelolaan koperasi maupun IKM hingga bantuan pemasaran produk. Selain itu, mereka juga mendapatkan fasilitas dari Pemkab, Pemerintah Pusat maupun Perbankan tekait pemberian kemudahan modal usaha.

“Mereka kami didik agar bisa mandiri dalam mengelola koperasi maupun usahanya,” katanya.

BACA JUGA:  Pemakaian Masker yang Sesuai Saat Makan

Sementara itu, Heru, Kepala Koperasi Pengrajin Tas KURMA Loram Wetan mengapresiasi atas pembinaan yang dilakukan oleh Disnakerperinkop dan UKM selama ini. Utamanya dalam hal bantuan pemasaran produk.

“Terima kasih selama ini telah difasilitasi untuk mengikuti berbagai event baik lokal maupun nasional. Hingga produk kami dikenal secara luas oleh masyarakat dan kerap mendapat order dari berbagai kota di Indonesia,” ucap pengusaha tas yang telah menembus pasar nasional itu.

Kepuasan terhadap produk koperasi dan IKM di Kudus juga diungkapkan oleh Rindy Rahayu. Pengunjung Kudus Expo asal Desa Singocandi itu mengaku bangga dengan produk-produk UMKM di Kudus.

“Puas banget dateng ke sini. Produk-produknya inovatif, bervariasi dan kualitanya oke banget. Suka deh,” katanya usai membeli kebaya bordir di KSU Padurenan Jaya, Selasa (15/10).

Menanggapi kesuksesan Kudus Expo kali ini, Plt. Bupati Kudus HM Hartopo menutup agenda tahunan Kota Kretek itu dengan bangga. Lantran kegiatan Kudus Expo kali ini mampu menyedot pengunjung hingga 42 ribu orang. Ditambah dengan pencapaian penjualan yang terbilang cukup fantastis.

“Luar biasa sekali potensi IKM binaan karena dapat menarik banyak wisatawan. Semoga terus semangat meningkatkan kualitas hasil produksinya,” harapnya. (ila/mam)

  • Bagikan