Sembuhkan Batuk dengan Bumbu Dapur

  • Bagikan
Batuk
Ilustrasi batuk. ©Pixabay

Lingkarjateng.com – Batuk merupakan penyakit sering kali terjadi pada manusia. Terlebih jika sedang pancaroba, peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Selain faktor cuaca, batuk juga terkadang datang karena makanan yang kita konsumsi tidak sehat ataupun lantaran menghirup debu.

Terdapat dua macam batuk yang sering dialami, yaitu batuk kering dan berdahak. Batuk merupakan mekanisme pertahanan di dalam tubuh manusia terhadap partikel asing. Dengan dimikian, batuk merupakan upaya untuk melindungi paru-paru dari ancaman penyakit. Sedangkan batuk berdahak berasal dari akumulasi lendir yang berada di dada.

Untuk mengobati batuk memang gampang. Saat ini banyak obat-obat yang dijual bebas di pasaran. Namun obat-obatan tersebut terkadang memberikan efek samping.

Anda bisa mengobati batuk dengan cara alami dan trasional, bahkan dengan menggunakan bumbu-bumbu dapur. Berikut ulasannya:

1. Jahe

Jahe memiliki zat anti-inflamasi yang berguna untuk meredakan batuk batuk. Selain itu jahe juga berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri dan mual.

Untuk pemanfaatannya, Anda dapat membuat minuman jahe hangat, atau mencampurnya dengan teh maupun kopi. Biar lebih berkhasiat, sebaiknya minuman jahe didiamkan beberapa menit sebelum diminum.

BACA JUGA:  Jenis Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Penyakit Jantung saat Puasa

2. Kencur

Kencur memiliki kandungan bagus untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk batuk. Senyawa di dalam kencur di bersifat anti-bakteri.

Untuk membuatnya adalah dengan campuran kencur dan garam. Pertama kencur diparut lalu diperas dan ambir sarinya. Tambahkan air sedikit agar rasa tidak terlalu pekat dan pedas. Kemudian, campur dengan sedikit garam, lalu aduk rata. Selain itu, sari kencur juga bisa direbus dengan ditambah air secukupnya.

3. Madu

Madu memang dikenal sebagai obat bagi berbagai macam penyakit, karena memiliki kandungan antibakteri yang mampu menyembuhkan badan.

Meski memiliki khasiat tinggi, disarankan meminum madu dalam batas wajar. Setidaknya satu sendok madu selama empat jam sekali.

4. Minum Air Hangat

Mengonsumsi cairan atau air hangat bisa berfungsi untuk mengeluarkan dahak. Hal ini lantaran air hangat memberikan sensasi tenang dan lega. Tak hanya air putih, Anda juga bisa meminum air hangat dalam bentuk teh herbal.

Selain itu terapi dengan uap air panas juga bisa untuk membantu mengurangi batuk. Caranya air panas dituang di dalam baskom, kemudian Anda menunduk dengan kepala di atas baskom sambil ditutup handuk.

  • Bagikan