4 Pantangan dalam Membuat CV

oleh -
Ilustrasi CV
Ilustrasi CV. ©Pixabay

Lingkarjateng.com – Salah satu syarat melamar pekerjaan adalah melampirkan atau . Hal ini penting bagi untuk mengetahui dan menakar potensi yang dimiliki pelamar.

Pikirkan dengan matang informasi apa saja yang akan dicantumkan dalam . Bikinlah yang tepat, agar HR yakin bahwa kamu adalah kandidat tepat untuk mengisi pekerjaan.

Dikutip dari jobsdb, berikut 4 hal yang harus dihindari dalam membuat :

1. Terlalu banyak informasi

Cantumkan informaai yang relevan. Jangan pernah mencantumkan hobi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, misalnya hobi makan, jalan-jalan. Hal ini bisa membuatmu auto ditolak oleh HRD karena kamu dianggap orang yang tidak berkompeten.

Selain itu, perhatikan juga identitas lainnya yang tidak perlu dicantumkan dalam CV, seperti hal yang berkaitan dengan SARA.

2. Informasi bohong

Biasanya kebohongan ini terlihat setelah kandidat telah diterima di . Sertakan portfoliomu agar dapat menilai kualitasmu.

Jangan hanya mengandalkan persentase kemampuanmu saja. Ingat, jika kamu telah mencantumkan informasi yang tidak benar di CV, itu akan mempengaruhi kariermu ke depannya.

3. Minim informasi

CV merupakan cara pertama perusahaan menilaimu. Cantumkan informasi yang jelas dan detail tentang dirimu, baik itu pengalaman organisasi, magang atau pengalaman kerja sebelumnya.

Misalnya, jika pengalaman magangmu di suatu perusahaan sebagai Staff Marketing, jelaskanlah secara rinci job description yang kamu lakukan selama magang.

4. Foto Tidak Jelas

Untuk lebih mengenalmu, dalam CV disarankan harus ada foto. Foto yang dimasukkan juga harus dengan kualitas bagus dan background polos dengan pakaian yang rapih.

Fotomu juga harus tampak depan, jangan pernah memasukkan foto selfie atau foto dengan temanmu ke dalam CV.