Tata Cara Berwudhu Lengkap dengan Doa

oleh -
Wudhu
Ilustrasi Wudhu. ©Pixabay

Lingkarjateng.com – merupakan salah satu syarat sahnya . dilakukan dengan menggunakan air bersoh dan suci yang mengalir atau dalam wadah penampungan air.

Perintah berwudhu sebelum tertuang dalam Surah Almaidah ayat 6. “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan , maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”

Selain itu, perintah berwudhu juga terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah RA, Rasullulah bersabda “Allah tidak menerima salah seorang di antara kalian jika dia berhadas sampai dia berwudhu.”

1. Niat dan membaca Basmalah

Niat berwudhu merupakan kemantapan dan kesungguhan hati untuk berwudhu karena menjalankan perintah Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah, Muhammad SAW.

Setelah niat, kemudian dilanjut dengan membaca basmallah sambil mencuci kedua telapak tangan dan sela-sela jari sebanyak tiga kali.

2. Berkumur

Ambil air dengan dua telapak tangan, lalu lakukan kumur-kumur sebanyak tiga kali.

3. Membersihkan lubang hidung

Mencuci lubang hidung sebanyak 3 kali untuk membersihkannya dari kotoran yang ada di dalam. Disunnahkan membersihkan lubang hidung dengan cara menghirup air kemudian mengeluarkannya dengan dibarengu memencet hidung.

4. Mengusap wajah

Mengusap wajah dilakukan sebanyak 3 kali. Dimulai dari membasuh ujung kepala hingga sampai dagu. Kemudian dilanjut dengan membersihkan kedua telinga.

5. Mengusap kedua tangan

Selanjutnya mengusap kedua tangan, dimulai dari tangan kanan kemudian berlanjut ke tangan kiri.

Usapakb dimulai dari ujung jari, kemudian ke sela-sela jari hingga siku. Lakukan berulang sebanyak tiga kali.

6. Membasuh kulit kepala

Ambil air ke dalam dua telapak tangan yang disatukan, tumpahkan, kemudian basuh kulit kepala menggunakan sisa air di telapak tangan tersebut.

Usapan dimulai dari ujung rambut di depan hingga ke belakang. Mengusap kepala hanya dilakukan sekali.

7. Membersihkan kedua telinga

Setelah membasuh kepala, kemudian dilanjut membersihkan kedua telinga tanpa perlu mengambil air lagi.

Caranya jari telunjuk dimasukkan ke dalam lobang telinga, kemudian ibu jari mengusap daun telinga. Lakukan bersamaan antara telinga kanan dan kiri.

8. Mencuci kaki

Cara mencuci kaki adalah membersihkannya mulai dari sela-sela kaki hingga mata kaki. Lakukan berulang sebanyak tiga kali, mulai dari kaki kanan kemudian ke kaki kiri.

9. Membaca

Setelah selesai membersihkan kedua kaki, kemudian dilanjut membaca selesai wudhu. Dianjurkan berdoa sambil menengadahkan kedua tangan sambil menghadap kiblat.

setelah bwrwudhu adalah:

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadika shalihiina.”

Artinya aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.