Dari Curug hingga Kampung Hobbit, Ini Deretan Wisata Populer di Purbalingga

  • Bagikan
Air terjun
Ilustrasi gambar air terjun. Pixabay

PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga dikenal sebagai wilayah dengan keindahan panorama alamnya. Purbalingga disebut juga sebagai Kota Seribu Curug, karena di sana banyak terdapat curug atau air terjun.

Lokasi Purbalingga berbatan langsung dengan Pemalang, Banjarnegara dan Banyumas. Meskipun menjadi salah satu kota kecil di Jawa Tengah, namun Purbalingga menawarkan sejuta keindahan panorama wisata alam.

Berikut empat tempat wisata yang ada di Purbalingga, dikutip dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar):

Curug Ciputut

Curug atau air terjun Ciputut memiliki ketinggian hingga 30 meter dengan panorama alam yang sangat indah. Menariknya, Curug Ciputut tidak pernah kering meski musim kemarau tiba. Uniknya, jika air terjun lainnya memiliki jalan berupa jalan undakan tanah, tapi di sini justru menuruni tangga besi vertikal.

Air terjun yang terletak di desa Talagening, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Curug Ciputut termasuk salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Purbalingga. Tak heran jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika akhir pekan tiba.

Curug Nagasari

Curug Nagasari merupakan air terjun di Purbalingga yang cukup tinggi mencapai 72 meter lebih. Berada di desa Wisata Tanalum, Rembang, kabupaten Purbalingga, panorama sekitar curug sangat cantik dengan bebatuan warna hitam yang memesona. Untuk mencapai curug ini harus melewati jalanan yang cukup terjal. Namun rasa lelah itu akan terbayarkan setelah tiba di curug ini.

BACA JUGA:  Jateng Memodifikasi Aturan PPDB 2019

Kampung Hobbit Ala Purbalingga

Satu lagi wisata yang menawarkan suasana alam, yakni Kampung Kurcaci. Terletak di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Kampung Kurcaci sangat sejuk dan memanjakan pengunjung, karena dikelilingi hutan pohon damar yang sudah berusia ratusan tahun.

Suasana yang rindang dan tenang, membuat kita betah berlama-lama duduk di rumah-rumah pohon atau di bawah rindahnya pohon damar. Kita juga bisa berfoto dengan latar rumah kurcaci di belakangnya. Asyik, bukan?

Desa Panusupan

Berbeda dengan objek wisata lainnya, kali ini Purbalingga menyuguhkan sebuah desa yang di dalamnya terdapat berbagai tempat wisata yang cukup Instagramable. Di Desa Panusupan terdapat rumah pohon kenangan yang berlokasi di Puncak Batur, Jembatan Cinta Pring Wulung menjadi spot untuk mengutarakan perasaan, Puncak Sendaren merupakan spot terbaik untuk berfoto. Ditambah tempat ini berada di ketinggian 682 mdpl. Jadi makin membuat nyaman.

  • Bagikan