15.697 Orang Mudik Ke Grobogan, Langsung Karantina Mandiri 14 Hari

oleh
PERIKSA: Sejumlah Pemudik saat tiba di Jembatan Timbang Gubug di cek oleh petugas Rabu (8/4).(MUHAMAD ANSORI/LINGKAR JATENG)

GROBOGAN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan mencatat setidaknya sudah ada 15.697 warga yang pulang ke wilayah Grobogan. Sebelumnya, mereka merantau di sejumlah kota besar seperti Jakarta.

Meski himbauan pemerintah untuk menunda mudik selama pandemi corona ini, namun hingga kemarin banyak warga tak mengindahkan. Mereka nekat mudik dengan menggunakan armada bus dan jasa travel.

“Sampai saat ini pemudik sudah 15.697 orang,” kata Kepala Dinas Perhubungan Grobogan Agung Sutanto, Rabu (8/4).

Lanjutnya, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terpaksa mengehntikan oemudik di jembatan timbang Gubug yang merupakan salah satu akses masuk Grobogan. Hal itu demi keamanan dan keselamatan pemudik.

“Mereka satu persatu diperiksa suhu tubuh oleh petugas. Selain itu, kendaraan yang masuk juga disemprot cairan diainfektan sebagai pencegahan penyebaran covid-19,” jelasnya.

Sedang pihaknya berharap sebanyak pemudik yang datang itu setibanya di kampung halamannya untuk melakukan isolasi secara mandiri selama 14 hari. “Kami himbau sesampai dirumah agar isolasi mandiri 14 hari,” harapnya. (ori/lut)