Perhatikan 6 Cara Cegah Corona di Kendaraan Umum

  • Bagikan
Kendaraan umum
Kendaraan umum

LINGKARJATENG.COM – Hingga Jumat (10/4), jumlah orang positif corona di Indonesia mencapai 3.512 kasus. bertambah 219 kasus. Sedangkan sebanyak 282 pasien sembuh dan 306 orang meninggal dunia.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya virus corona ini. Ketika seperti Anda sedang berada di kendaraan umum, perhatikan tips sehat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berikut ini:

1. Gunakan masker dan hand sanitizer berbasis alkohol

Masker mampu meminimalisir kemungkinan tertularnya virus. Anda bisa menggunakan masker kain selama bepergian dan berada di dalam angkutan kota atau kendaraan umum. Penggunaan masker kain yang efektif adalah selama empat jam.

Hand sanitizer juga ampuh untuk membunuh virus yang ada di tangan. Gunakan hand sanitizer usai menyentuh uang, bangku atau benda lainnya di dalam kendaraan umum.

2. Hindari menyentuh pintu

Usahakan ketika naik kendaraan umum, jangan menyentuh pintu. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan siku tangan. Selain itu juga hindari berpegangan pada besi ketika Anda berdiri tanpa sarung tangan.

BACA JUGA:  Bupati Grobogan Himbau Perantau Agar Tidak Mudik

3. Bawa bekal

Alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan bekal untuk perjalanan. Membawa makanan yang aman dan bergizi serta minuman dari rumah lebih aman untuk saat ini ketimbang membeli di luar.

4. Jaga jarak aman

Selama berada di dalam angkutan umum, jagalah jarak aman Anda dengan penumpang lain. Jarak aman yang direkomendasikan adalah satu meter. Jika kondisi penumpang padat, tidak ada salahnya Anda bersabar menunggu naik angkutan umum berikutnya.

5. Jangan berbagi makanan dari wadah sama

Selama perjalanan, jangan berbagi makanan dan minuman dari wadah yang sama.

6. Istirahat dan berdoa

Jika Anda terbiasa berbincang dengan penumpang lain selama perjalanan, usahakan untuk saat ini setop dulu hal tersebut. Karena Anda tidak tahu riwayat perjalanan penumpang lain. Gunakan waktu selama perjalanan dengan istirahat dan berdoa.

  • Bagikan