Destinasi Objek Wisata Pati masih Tutup Belum Terapkan Tatanan New Normal

oleh -6 views

PATI – Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pati masih belum menerima kunjungan pelancong. Hingga saat ini, pemerintah daerah setempat masih menunggu regulasi dan kajian penerapan new normal di wilayah Kabupaten Pati.

Kabid Pemasaran pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Kepariwisataan (Dinporapar) Ida Istiani mengatakan, tatanan kenormalan baru atau new normal di destinasi wisata belum diuji coba di Kabupaten Pati. Saat ini, uji coba baru dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah di Candi Borobudur beberapa waktu lalu.

“Berdasarkan hasil video conference dengan 35 kabupaten se-Jateng akan dilakukan secara bertahap, dan di awal nantinya akan dilakukan simulasi,” katanya. 

Ia menambahkan, pada senin (8/6), Disporapar Provinsi Jateng telah melakukan simulasi objek wisata di Candi Borobudur, dengan protokol kesehatan yang ketat.  “Untuk selanjutnya masih dalam tahap pengkajian, karena ini melibatkan beberapa pihak terkait, ” tambahnya. 

Ia melanjutkan, simulasi yang dimaksud hanya dilakukan oleh pihak internal pengelola Candi Borobudur. Terkait apapun itu yang bersinggungan dengan kesiapan pengelola objek wisata. Dari hal tersebut bisa menjadi percontohan agar diterapkan pada objek wisata yang lain. 

“Namun pengelola (objek wisata, red) lain bisa antisipasi apa saja yang harus disiapkan.. Terlebih lagi terkait objek wisata di Pati yang sampai saat ini belum dibuka,” pungkasnya. (aji/lut)