Tingkatkan Potensi Daerah, Gelar Demo Memasak

  • Bagikan
Demo Memasak
ANTUSIAS: Peserta pelatihan bersemangat belajar memasak. (HUMAS/ LINGKAR JATENG)

KENDAL – Sebagai upaya mendukung kesiapan logistik, TMMD Reguler 109 Kodim 00715/Kendal 2020, menggelar Cooking Class dan Table Manner untuk Persit, PKK, dan Karang Taruna di Balai Desa Sendang Kulon, belum lama ini.

Tujuan utama adalah upaya meningkatkan kemampuan memasak bagi para personil Istri Tentara yang tergabung dalam Persit, ibu-ibu PKK desa dan sebagai regenerasi menularkan kemampuan cara melayani tamu bagi para anggota Karang Taruna.

Ketua Persit Cabang XXXIII Kodim 0715 Kendal, Ariska Nova Anggraini Iman Widhiarto mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan membagi ilmu terutama pengetahuan tentang Table Manner, kemudian ilmu memasak yang ditularkan juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha baik bagi ibu PKK maupun Karang Taruna.

“Pelatian Table Manner tentu sangat baik, terlebih adanya giat TMMD ini apabila adanya kunjungan tamu dari pimpinan, ibu PKK sudah mampu untuk menyambutnya, selain itu juga ilmu membuat masakan juga bermanfaat melihat ditengah pandem covid-19 tentu ini bisa menjadi peluang bisnis, karena minuman kembang tahu yang diajarkan dapat menghangatkan tubuh,” terang Ariska.

BACA JUGA:  Pasca Kebakaran Pasar Tradisional Sukorejo, Bupati Minta Cek Kelayakan

Adapun untuk pelatihan sebagai instruktur Chef Lia Yabes yang berpengalaman bekerja sebagai Supervisor Demi Chef De Partie di Hotel Kempinski Qatar, Chef di Resort Banana Island Qatar, dan Chef Senior di Saii Lagoon Bay Hotel Hilton Maldives.

Sebagai demo memasak yang diberikan adalah menu Wedang Tahu ala Kendal dan Menu Gulai Ikan dengan metode memasak kombinasi Eropa dan pedesaan Kendal. Menurut Lia Yabes menu olahan ikan dipilih lantaran letak Desa Sendang Kulon yang merupakan daerah pesisir.

“Sengaja untuk melatih para peserta dengan menu Gulai Ikan karena di Desa Sendang Kulon ini punya potensi perikanan laut luar biasa bagus, jika dioptimalkan dengan kreativitas pengolahan kuliner yang bagus maka akan bisa dijual dan menjadi wisata kuliner,” terang Lia Yabes.

Disisi lain Aris Supriyanti Ketua PKK Desa Sendang Kulon mengharapkan, ilmu yang telah diberikan semoga dapat menjadi modal awal, dari Desa Sendang Kulon untuk meningkatkan kuliner di desanya. Sehingga, mampu menjadi destinasi wisata kuliner mengingat lokasi yang berada di daerah pesisir. (hms/yos)

  • Bagikan