Kamis, Oktober 22, 2020
Beranda Karesidenan Semarang Kota Semarang Puncak Peringatan HPN, 11 Tokoh Dianugerahi PWI Jateng Award 2020

Puncak Peringatan HPN, 11 Tokoh Dianugerahi PWI Jateng Award 2020

SEMARANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan PWI Jateng Award 2020 kepada 11 orang tokoh Jateng dari berbagai profesi.

Penghargaan diberikan dalam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Tingkat Jateng dan HUT ke-74 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yang digelar di Aston Inn Jalan Pandanaran Semarang, Sabtu (26/9/2020) malam.

Penghargaan diberikan atas kiprah, dedikasi dan sumbangsih para tokoh kepada bangsa dan negara, termasuk Provinsi Jawa Tengah, melalui tugas, pengabdian, dan profesi masing-masing.

Acara berlangsung terbatas hanya dihadiri 50 tamu undangan dengan protokol kesehatan yang ketat. Para tamu diperiksa suhu tubuh dengan thermo gun dan wajib memakai masker serta hand sanitizer.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan PWI Jateng telah merekam jejak para tokoh ini, mengamati, mencatat, dan memberi penilaian terhadap kinerja dan sepak terjang mereka di masyarakat.

PWI Jateng merasa perlu untuk mewujudkan pengakuan itu sebagai apresiasi terhadap ketokohan, kreasi, keteladanan, dan kepemimpinan yang dirasakan oleh masyarakat dalam lingkup tertentu.

11 tokoh di Jateng menerima penghargaan PWI Jateng Award 2020 (Dok. Panpel PWI Jateng Award 2020)

Para penerima penghargaan, yakni Ketua DPRD Jateng H Bambang Kusriyanto, BSc yang biasa dipanggil Bambang Krebo (BK), untuk kategori inovasi parlemen moderen dan implementasi gagasan tv digital, yakni Berlian TV.

Penghargaan bidang hukum diberikan kepada pakar hukum dari Universitas Diponegoro Prof Dr. Benny Riyanto, SH, yang menjabat Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

Bidang legislasi dan perjuangan nasib petani diberikan untuk H. Firman Soebagyo, SE, MH. (Anggota DPR RI Partai Golkar), politisi asal Pati, yang menjadi salah satu tokoh sentral dalam pembuatan dan inisiasi legislasi di Senayan.

BACA JUGA:  Hemat Rp 16 Miliar, Kemenkumham Jateng Remisi 13 Ribu Napi

Pengusaha jamu Sido Muncul Irwan Hidayat (Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk) mendapat penghargaan atas inovasi mengangkat harkat jamu tradisional menjadi favorit publik dan merambah dunia internasional, serta kepedulian sosial yang intens bagi kaum marjinal, khususnya anak-anak penderita kanker.

Penghargaan bidang inovasi pemerintahan daerah dan pelayanan publik di daerah diberikan kepada para pemimpin muda, yang berhasil melakukan inovasi dan terobosan dalam pelayanan publik dan perubahan birokrasi, yakni H. Wihaji, S.Ag, M.Pd (Bupati Batang), H. Saiful Arifin, SE. (Wakil Bupati Pati), H. Bayu Andriyanto, SE. (Wakil Bupati Rembang).

Wakil Wali Kota Semarang Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Mbak Ita, mendapat penghargaan atas dedikasinya sebagai tokoh perempuan yang melakukan inovasi dalam birokrasi pemerintahan di Kota Semarang.

Untuk kategori inovasi dalam bidang kamtibmas, penghargaan diberikan kepada AKBP Dr. Rudy Cahya Kurniawan, M.Si, MH, M.Kn. (Kapolres Kebumen), berkat inovasi dalam penggunaan hipnoterapi kepada para pelaku kriminal.

Untuk bidang pendidikan, penghargaan diberikan untuk Prof. Dr. H. Gunarto, SH, SE, Akt, M.Hum. (Dekan FH Unissula), yang berperan aktif mengagas pendidikan jurnalistik untuk mahasiswa hukum di kampusnya.

Sedangkan untuk bidang sport tourism, penghargaan diberikan pada Liem Chie An (Penggagas Borobudur Marathon), yang konsisten menggelar event olahraga berkelas internasional, sehingga menjadi event yang mampu mendukung pariwisata di Tanah Air, khususnya Jawa Tengah.(ara/rds/joglo jateng)

Berita Populer

Miliki Alat Ekstraksi RNA, Pemeriksaan Covid Efisien

KUDUS - Laboratorium Biomolekuler milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus meningkatkan kapasitas pemeriksaan spesimen swab (usap) hingga 400 spesimen per hari....

Gelorakan Kembali Kolektifitas Persatuan Masyarakat

PEMALANG – Bupati Pemalang, diwakili Sekda Dr. Ir. M. Arifin, M.Si. kemarin (21/10) menerima hasil pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Dandim 0711/Pemalang. Selaku...

Anggota DPRD Jateng Minta Dispensasi Nikah Diperketat

SEMARANG - Anggota Komisi E DPRD Jateng Tazkiyatul Muthmainnah menyayangkan angka pernikahan anak meningkat tajam pada saat pandemi Covid-19. Menurutnya, salah satu sebabnya yaitu adanya...

Promosikan Candi Borobudur lewat Virtual Tur

MAGELANG - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) dan Balai Konservasi Borobudur bekerja sama dengan KBRI Tokyo mengadakan virtual tur ke...

Dibenahi, Nepal Van Java Tutup Sementara

MAGELANG - Daya Tarik Wisata Nepal Van Java di Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, akan ditutup sementara. Penutupan hingga sampai batas waktu...

Begini Isi Percakapan WAG KAMI Medan Yang Diungkap Polisi

JAKARTA — Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membeberkan percakapan Whatsapp grup Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Medan yang cukup mengerikan. Kadiv Humas Polri Irjen Argo...

11 Buruh Demo Tolak UU Ciptaker Semarang Positif Covid-19, Demonstran Lain Diminta Periksakan Diri

SEMARANG – Demontrasi tolak UU Cipta Kerja yang terjadi di Kota Semarang dan berbagai daerah lainnya beberapa waktu lalu menimbulkan kekhawatiran adanya persebaran Covid-19...

20 Negara akan Terlibat UNS Cultural Night 2020

SOLO - Sebanyak 20 negara akan terlibat dalam pelaksanaan “UNS Cultural Night 2020” yang diadakan secara virtual pada 30 Oktober. “Mahasiswa internasional dapat berbagi untuk menampilkan...

Seniman Semarang Ajak Sampaikan Aspirasi Secara Damai

SEMARANG - Puluhan seniman yang tergabung dalam Masyarakat Jaran Kepang Semarang Serasi mengajak masyarakat menyampaikan aspirasi secara damai. Tidak melakukan demo anarkis, sehingga merugikan banyak...

9.090 Pelari Virtual Siap Bersaing

SEMARANG - Lomba lari Borobudur Marathon (BorMar) 2020  yang dijadwalkan  berlangsung 15 November 2020 dan diikuti 30 pelari elite nasional, diputuskan digelar di Taman Lumbini,...