Minggu, Desember 6, 2020
Beranda Karesidenan Kedu Kota Magelang Wali Kota Magelang Ajak Masyarakat Dukung Pilkada 2020 Berjalan Tertib dan Damai

Wali Kota Magelang Ajak Masyarakat Dukung Pilkada 2020 Berjalan Tertib dan Damai

MAGELANG – Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengajak masyarakat di Kota Getuk ini untuk berpartisipasi mendukung pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan tertib dan damai.

“Apa pun pilihan masyarakat pada prinsipnya satu muara, yakni demi kesejahteraan masyarakat, kemajuan pembangunan, dan tegakknya kedaulatan bangsa,” kata Sigit Widyonindito di Magelang, Sabtu.

Sigit menyampaikan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Kota Magelang Djoko Budiono pada “Deklarasi Kampanye Damai dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Kampanye Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020” di Hotel Atria Magelang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Kota Magelang ini, antara lain dihadiri pasangan calon, tim kampanye, forpimda, dan perwakilan parpol.

Sigit menuturkan bahwa berkaca pelaksanaan pemilu tahun-tahun sebelumnya, mulai dari tahapan sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, hingga penghitungan dan rekapitulasi suara seluruhnya berjalan lancar.

“Tentu saja kita berharap pada pilkada tahun ini situasi yang kondusif tetap terpelihara. Jangan sampai rusak kerukunan dan pecah belah persatuan dan kesatuan serta persaudaraan kita,” katanya.

Ia mengatakan bahwa semua pihak harus memaklumi bahwa situasi pandemi COVID-19 saat ini bentuk-bentuk kampanye konvensional yang umumnya dengan mengumpulkan massa sangat riskan menyebarkan COVID-19.

Maka dari itu, menurut dia, penting agar peserta pilkada untuk berkomitmen penuh mematuhi peraturan terkait dengan pemilu dan memahami implementasi serta segala konsekuensinya.

BACA JUGA:  Jalur Pendakian Merbabu Dibuka Besok

“Upaya ini juga harus dikomunikasikan kepada masyarakat pada umumnya agar dapat menahan diri dalam mengekspresikan hubungan kepada pasangan calon. Intinya, utamakan sehat dan utamakan selamat,” katanya.

Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron mengatakan bahwa penyelenggaraan pilkada tahun ini ada batasan-batasan tersendiri. Regulasinya harus selalu mengutamakan protokol pencegahan COVID-19.

Menurut dia, sangat terasa pengaruhnya di tahapan yang sebenarnya merupakan tahapan yang sangat krusial, yaitu tahapan kampanye, yang merupakan sarana bagi calon pemimpin di Kota Magelang untuk dikenal oleh masyarakat ini membutuhkan energi tersendiri untuk memperkenalkan diri.

Di lain pihak, kata Basmar, masyarakat juga perlu informasi-informasi yang jelas tentang profil dari calon-calon pemimpin masyarakat Kota Magelang.

Dengan kondisi bencana nonalam ini, lanjut dia, ada keterbatasan. Akan tetapi, karena itu sudah merupakan suatu kebijakan dari pemerintah pusat, bagaimanapun bentuk-bentuk dari kampanye yang telah ditentukan mau tidak mau harus dilaksanakan.

Dalam penyelenggaraan kampanye, pihaknya punya kewajiban untuk memfalisitasi kegiatan kampanye oleh masing-masing pasangan calon.

“Di samping itu, bagaimana kampanye ini bisa berjalan dengan baik, tertib, meminimalisasi pelanggaran, maka kami selalu berkoordinasi dengan masing-masing tim pasangan calon untuk membuat kesepakatan agar kampanye bisa berjalan dengan baik,” katanya.(ara/rds/joglo jateng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Surga Tersembunyi Dalam Desa Sima

PEMALANG - Kabupaten Pemalang dengan kondisi geografis yang meliputi pantai utara hingga pegunungan seakan tidak henti-hentinya menyajikan keindahan panoramanya. Salah satunya yang berada di...

Tingkatkan Kembali Populasi Ternak Kerbau

DEMAK - Sejak ratusan tahun yang lalu, kerbau merupakan hewan ternak yang banyak dibudidayakan oleh Masyarakat Kabupaten Demak. Namun, akhir-akhir ini populasinya cendereng menurun. Faktor-faktor...

Lezatnya Lentog Tanjung, Salah Satu Ikon Kuliner Kota Kretek

Kudus tak henti-hentinya menyajikan beragam pesona, baik kepada penduduk asli maupun para pendatang. Selain terkenal dengan jenang dan Muria-nya, bermacam kuliner di Kota Kretek...

Pemda Salurkan Bantuan Kepada Kelompok Tani

PEMALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Dinas Pertanian (Dispertan) menyalurkan bantuan pompa air kepada 25 kelompok tani (Poktan) di Pemalang. Bertempat di kantor...

Tunda Perilisan “The 355” hingga 2022

LINGKAR JATENG - Universal Pictures mengumumkan bahwa mereka menunda peluncuran film terbarunya yang cukup dinantikan, yaitu "The 355". Film yang semula dijadwalkan pada 15...

Pemkot Semarang Siap Gelar Pemungutan Suara

SEMARANG - Pjs. Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto memastikan bahwa Kota Semarang siap menggelar pemungutan suara pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19. Pihaknya telah...

Klaster Keluarga Mendominasi

SEMARANG – Kecamatan Tembalang menjadi penyumbang kasus Covid-19 tertinggi di Kota Semarang beberapa hari terakhir. Hal itu dikonfirmasi oleh Pjs. Wali Kota Semarang, Tavip...

Juara Berkat Komitmen Bersama

DEMAK - Belum lama ini, Perpustakaan Delima telah membanggakan Kabupaten Demak.  Perpustakaan Desa Mutih Wetan, Kecamatan Wedung itu berhasil menyabet juara dua lomba perpustkaan...

Jemput Massa dan Semangat Kerja Tim

DEMAK - Aplikasi sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional-layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (SP4N-LAPOR) Kabupaten Demak, belum lama ini mendapat penghargaan dari Kementerian...

Minta Profesionalitas Aparatur Lebih Dikedepankan

PEMALANG – Bupati Pemalang, Dr. H. Junaedi, SH., M.M didampingi Sekda M. Arifin dan Kepala BKD Pemalang, Sugianto, melantik dan mengambil sumpah janji 105...