Beasiswa Bagi Pelajar Berprestasi

  • Bagikan
Plt. Bupati Kudus Hartopo
Plt. Bupati Kudus Hartopo. (HUMAS/ LINGKAR JATENG)

KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tengah mengupayakan siswa berprestasi yang memiliki permasalahan ekonomi untuk bersekolah di Sekolah Menegah Atas (SMA) Taruna Nusantara. Untuk itu, Plt. Bupati Kudus Hartopo akan segera menemui Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara guna membahas hal tersebut.

Dirinya mengungkapkan, pemerintah setempat siap bekerjasama untuk membuka peluang sebesar-besarnya bagi siswa berprestasi yang terkendala masalah ekonomi untuk mengeyam pendidikan di tempat tersebut.

“Dari Pemerintah Kabupaten Kudus diajak kerja sama masalah urusan beasiswa untuk di SMA Taruna, barangkali di sini ada siswa-siswa yang bagus yang memang memenuhi peryaratan tapi tidak memenuhi biaya, dari SMA taruna berharap bisa dibiayai Pemerintah Daerah atau Djarum Foundation,” ujar Hartopo beberapa waktu lalu.

Meski begitu, persyaratan yang harus dikumpulkan oleh para pelajar belum ditetapkan. Pasalnya saat ini tersebut masih harus melalui kajian-kajian yang harus dilakukan. Namun, dirinya menyampaikan, Pemkab Kudus akan merekomendasi siswa SMP yang kurang mampu namun berprestasi dan memenuhi persyaratan di sekolah tersebut.

BACA JUGA:  Hibah Sarpras Peribadatan Jadi Prioritas Utama

“Kalau ada yang memenuhi syarat bisa direkomendasikan. Ada persyaratan khusus di sana seperti nilai, dan yang diutamakan adalah anak tidak mampu, dikirim kesana dan dibuatkan rekomendasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI (Purn) Suhartono Suratman mengungkapkan, pihaknya sedang mencari siswa-siswa terbaik di Kabupaten Kudus. Maka dari itu, pihaknya menyampaikan informasi kepada Plt. Bupati Kudus untuk memberikan rekomendasi bagi siswa berpestasi yang kurang mampu.

Intinya di Kudus kan banyak sekolah terbaik, terutama tingkat SMP. Kami selaku kepala sekolah memberikan informasi kepada Pak Plt. Bupati bahwa sekolah (SMA Taruna Nusantara) ini sangat berpeluang bagi siapa saja untuk anak-anak yang tidak mampu tapi punya prestasi baik, sehingga diberikan kesempatan masuk SMA Taruna,” pungkasnya.(hms/akh)

  • Bagikan