Pemakaian Masker yang Sesuai Saat Makan

  • Bagikan
Dr. Pujianto, Direktur Utama (Dirut) RS Mardi Rahayu Kudus
Dr. Pujianto, Direktur Utama (Dirut) RS Mardi Rahayu Kudus. (SYAMSUL HADI/ LINGKAR JATENG)

KUDUS – Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui akan bagaimana penggunaan masker ketika makan. Pada saat hendak makan, masker dianjurkan harus dilepas sesuai. Melepas dalam hal ini, harus mengikuti cara yang tepat, sehingga tidak terkena virus atau bakteri di sekitar.

Direktur Utama (Dirut) RS Mardi Rahayu Kudus, Dr. Pujianto mengatakan, pada saat makan masker harus dilepas. Juga tidak diperbolehkan sembarangan dalam menaruh, karena nantinya bisa terkena bakteri yang ada di tempat tersebut.

Seperti digantungkan di telinga, di dagu, maupun dilepas dan diletakkan di meja begitu saja tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Hal seperti itu tidak dianjurkan.

“Itu semua tidak dianjurkan dan sangat salah mas. Dikarenakan nantinya bisa mengakibatkan bakteri atau virus yang ada disekitar bisa menempel di masker tersebut,” ucapnya.

Ia memberikan contoh, sebaiknya masker dilepas dan ditaruh dalam saku diselimuti tisu, tempat masker sendiri, dan di meja (ditaruh terbalik) yang dibersihkan. Sehingga dapat untuk meminimalisir bakteri agar tidak menempel di masker.

BACA JUGA:  Dorong Sport Tourism, Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Selain itu, ia kuga memberikan tata aturan yang benar saat melepas masker. Yakni dengan memegang tali atau ujung-ujung dari masker tersebut. Dilarang untuk memegang masker di bagian tengah.

“Karena, kita tidak tahu jari ini terkena virus atau tidak. Jadi kalau semisal kita memegang pada posisi tengah,  kemungkinan besar juga jari membawa virus yang ada di masker atau sebaliknya,” terangnya.

Pemakaian masker juga harus diperhatikan. Menurut dia idealnya pemakaian masker bedah dilakukan paling lama delapan jam atau satu kali pakai. “Bila dengan alasan nafas sesak, bisa menggunakan kerangka masker yang ditaruh di belakang masker. Itu untuk mempermudah bicara kita,” jelasnya.

Pujianto berharap, agar semua kalangan bisa menaati 3M. Mulai dari memakai akan itu harus bisa dikedepankan bagi masyarakat.

“Cuci lah tangan setelah memegang masker, atau pakai hand sanitizer. Ketika sampai dirumah bila menggunakan masker kain tiga lapis juga langsung dicuci. Karena virus akan mati jika terkena alkohol,” pungkasnya.(sam/akh)

  • Bagikan