Program Sepeda Wisata Banyak Diminati

  • Bagikan
Rute Wisata Sepeda di Yogyakarta
RAMAI: Sejumlah wisatawan bersepeda melintasi rute wisata sepeda yang dibuat oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. (ANTARA LINGKAR JATENG)

Yogyakarta, lingkarjateng.com – Langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dengan menyiapkan rute wisata sepeda yang mengitari berbagai kampung mendapat apresiasi dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Karena mampu memperpanjang lama tinggal wisatawan.

“Rute sepeda wisata yang ditawarkan ini laris manis. Banyak diminati tamu hotel. Mereka bahkan rela memperpanjang lama tinggal untuk mencoba rute lainnya,” kata Ketua PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana, Senin (9/11).

Menurutnya, wisatawan atau tamu hotel biasanya mencoba satu rute dalam satu hari dan begitu mendengar bahwa rute lainnya juga menarik untuk dijelajahi. Maka, mereka memutuskan untuk memperpanjang lama tinggal untuk mencoba rute lainnya.

Rute ini dapat diakses melalui diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan masing-masing rute memiliki keunikan tersendiri. Saat ini terdapat lima rute sepeda wisata yang dapat dilalui oleh wisatawan.

“Saya rasa, langkah pemerintah dengan menyiapkan rute sepeda dan menggandeng pihak lain untuk mewujudkan paket wisata sepeda ini sangat bagus. Banyak wisatawan yang tertarik, terlebih saat ini kegiatan bersepeda sedang menjadi tren gaya hidup,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Warga Diminta Waspada Saat Cari Rumput di Lereng Merapi

Meski banyak diminati, Deddy pun memastikan bahwa protokol kesehatan saat bersepeda juga tetap dijalankan dengan membatasi jumlah wisatawan dalam satu kelompok. “Kalau ada 30 orang, biasanya dibagi menjadi 10 orang per kelompok,” katannya.

Peningkatan lama tinggal wisatawan tersebut, memberikan pengaruh yang cukup baik kepada pelaku usaha jasa pariwisata bahkan terhadap masyarakat di perkampungan yang dilintasi oleh wisatawan saat bersepeda.

“Mereka tidak hanya sekadar lewat saja tetapi juga membeli makanan atau kuliner di kampung-kampung tersebut. Menghidupkan perekonomian kampung,” terangnya.

Agar rute sepeda wisata tersebut semakin banyak diminati oleh wisatawan, Deddy berharap pemerintah daerah melakukan perbaikan infrastruktur seperti memastikan jalan dalam kondisi yang bagus sehingga mudah dilintasi.

“Untuk rute, bisa ditambah dengan rute baru atau mengkombinasikan beberapa rute yang jaraknya pendek,” harapnya.(ara/akh)

  • Bagikan