Tumbuhkan Nilai Kepahlawanan, Altruisme, serta Kebermaknaan Hidup

  • Bagikan

Semarang, lingkarjateng.com – Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan (FPIPSKR) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) gelar Pekan Pahlawan, Selasa (10/11/2020). Acara pembukaan berlangsung di aula lantai 6 gedung kampus IV UPGRIS jalan Gajah Raya Semarang. Hadir Dr Agus Sutono Sfil MPhil Dekan FPIPSKR, Dr Endang Wuryandini MPd. Wakil Dekan 1, Dra Sri Suneki MSi wakil dekan II FPIPSKR, Dosen, serta para mahasiswa. Para dosen dan mahasiswa juga bergabung melalui aplikasi virtual zoom serta layanan streaming youtube FPIPSKR UPGRIS.

Ketua panitia Danang Aji Setyawan MPd menjelaskan jika FPIPSKR UPGRIS secara rutin melaksanakan kegiatan peringatan hari pahlawan untuk mengingatkan perjuangan para pahlawan yang gugur mendahului kita. “Apa yang telah dilakukan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi kita untuk meneruskan perjuanganya. Dulu para pejuang berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saaat ini masih melanda bangsa,” Imbuh Danang.

Rangkaian kegiatan pekan pahlawan tahun ini dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan, sehingga diharapkan mampu mencegah penyebaran virus korona. Bersamaan dengan kegiatan pembukaan pekan pahlawan Dekan FPIPSKR UPGRIS Dr Agus Sutono menyerahkan secara simbolis bingkisan bakti sosial kepada pahlawan kampus yang senantiasa menjaga keamanan, kebersiham, ketertiban serta keindahan di wilayah kampus IV UPGRIS.

BACA JUGA:  Pemkot Semarang Siap Gelar Pemungutan Suara

Dr Agus Sutono Sfil MPhil dalam sambutanya menjelaskan kegiatan pekan pahlawan merupakan agenda tahunan dibulan November. “Ada agenda khusus karena di tengah pandemi, sehingga kegiatanya tidak diselenggarakan sebagai mestinya di tahun-tahun yang lalu. Ada beberapa kegiatan diantaranya, Lomba PKM, Lomba pembuatan Media pembelajaran, Lomba E-Poster, Seminar Nasional, Lomba TikTok, Lomba E-Sprot, serta Penutupan diagendakan FPIPSKR Award.

Nilai-nilai kepahlawan diharapkan bisa hadir di tengah-tengah keluarga besar FPIPSKR UPGRIS. Spirit perjuangan, altruisme, kebermaknaan hidup dalam komunitas serta lingkunganya selalu muncul,”tutur Agus Sutono.

Semoga di tengah situasi pandemi seperti ini peringatan hari pahlawan tahun 2020 tidak kehilangan makna dan tetap dapat berlangsung secara khidmat. Peringatan hari pahlawan kali ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan saling mengisi dengan hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.(hms/fat)

  • Bagikan