Gelar Pelatihan Menulis Arab

  • Bagikan
Mahasiswa KKN UIN Walisongo
PRAKTIK: Mahasiswa KKN UIN Walisongo, Arum Rayana saat memberi contoh menulis bahasa Arab kepada anak TPQ Baitul Istiqomah, belum lama ini. (GIGIH/ LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Mahasiswa KKN UIN Walisongo menggelar pelatihan menulis Arab di Masjid Baitul Istiqomah, Dusun Wates, Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, belum lama ini. Hal ini dalam rangka mengenalkan huruf-huruf hijaiyah kepada anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitul Istiqomah.

Anak-anak TPQ tampak bersemangat dan antusias terhadap materi yang yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa, Arum Rayana, yang menjadi pelatih dalam pelatihan menulis Arab itu.

“Pelatihan ini diberikan dengan materi cara menulis huruf-huruf hijaiyah ketika huruf itu di awal, tengah, maupun akhir, juga huruf yang bisa tersambung ataupun terpisah beserta contohnya,” kata Arum.

Menurut panitia pelatihan, Nur Fahilma, pengenalan huruf hijaiyah yang adalah  bentuk pendidikan Al-qur’an sangat penting diberikan kepada anak sejak kecil. Karena Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi setiap umat muslim.

“Keterampilan menulis Arab pada anak masih tergolong rendah, maka ini momen yang tepat untuk melatih anak-anak TPQ menulis Arab,” ujarnya.

Nikita, salah satu santri TPQ merasa senang menunjukkan hasil tulisan yang dibuatnya. Ia berharap kakak-kakak KKN UIN Walisongo dapat mengadakan pelatihan seperti ini lagi.

BACA JUGA:  Lapas Semarang Ikutkan Napi Ujian Semester Kejar Paket

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan bagian dari serangkaian kegitan progam kerja yang di rangkum dalam kegiatan fasholatan setiap Jumat oleh mahasiswa KKN Kelompok 46. Kegiatan meliputi pelatihan shalat, berwudhu, dan menulis bahasa Arab yang ikuti sekitar 70 santri di TPQ Baitul Istiqomah. (hms/gih)

  • Bagikan