Tingkatkan Kesejahteraan, Guru Honorer Dapatkan 20 Persen Dana Pendidikan

  • Bagikan
Sulistyo Utomo, Wakil Ketua DPRD Kudus
Sulistyo Utomo, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus. (SYAMSUL HADI/ LINGKAR JATENG)

KUDUS – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus, Sulistyo Utomo berharap kesejahteraan guru honorer terbantu dengan adanya alokasi dana sebanyak 20 persen dari dana pendidikan daerah setempat. Hal ini karena masih ada sebagian guru yang kurang terpenuhi di sektor ekonomi karena upah yang didapat kurang, terlebih lagi guru honorer. Padahal menjadi seorang guru merupakan tanggung jawab yang besar.

“Banyak sekali guru honorer yang gajinya di bawah, bahkan malah bisa dikatakan jauh sekali dari UMR,” ucapnya, Rabu (25/11).

Sulistiyo menjelaskan, pemerintah daerah dapat meningkatkan kesejahteraan para guru di Kota Kretek dengan memberikan penambahan upah kepada guru honorer. Ia menyebutkan, gaji guru honorer banyak yang di bawah upah minimun regional (UMR).

Maka dari itu, ia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengambil langkah yang tepat dalam menangani masalah tersebut. Ia menjelaskan langkah yang bisa diambil oleh pemerintah terhadap guru honorer, yakni dengan menggunakan 20 persen dari anggaran pendidikan. Untuk dapat dialokasikan dalam kesejahteraan.

BACA JUGA:  PIONKU, Sarana Baru Promosi Potensi Daerah

“Langkah tersebut bisa diambil nantinya jika memang akan mensejahterakan para guru,” katanya.

Dalam momen Hari Guru Nasional (HGN), ia mengucapkan berterima kasih kepada para guru-guru. Ia menganggap guru telah memberikan pembekalan dan pembelajaran kepada generasi secara terus menerus tanpa lelah.

“Guru memang pahlawan bangsa tanpa tanda jasa. Semoga para guru dimanapun mereka berada selalu diberikan kesehatan, dan semangat dalam mewujudkan Indonesia maju melalui jalur pendidikan,” tuturnya.

Sulistyo juga berpesan kepada calon-calon guru generasi kedepan, untuk terus meningkatkan kompetensi. Sehingga nantinya mutu pendidikan bisa meningkat dengan adanya guru-guru yang handal.(sam/akh)

  • Bagikan