Angka Stunting Turun Hingga 3 Persen

  • Bagikan
Seorang anak menerima vaksin
SEHAT: Seorang anak menerima vaksin dari seorang petugas. (ANTARA/ LINGKAR JATENG)

KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menyatakan angka stunting tahun ini turun hingga 3 persen. Pencapaian ini melampaui dari target yang dibidik sebelumnya, yakni sebesar 2 persen.

Plt. Kepala DKK Kudus, Abdul Aziz Achyar mengatakan, penurunan jumlah ini signifikan. Mengingat tahun lalu balita dengan mengalami permasalahan gizi dan pertumbuhan berada ada di angka 8,09 persen dari total 60.636 balita terverifikasi.

“Kami adakan timbang serentak, dipantau secara online. Hasilnya melampaui ekspektasi,” ungkapnya, Rabu (25/11).

Aziz menambahkan, kemajuan ini juga menunjukkan bahwa program konvergensi percepatan pencegahan stunting berjalan efektif. Penurunan tersebut dapat diketahui menggunakan fasilitas pendataan Elektronik Pemantauan Pertumbuhan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM).

“Penyelenggaraan intervensi gizi spesifik cukup berhasil. Setelah ditimbang, balita diberi vitamin A dosis besar. Cukup rumit sebab harus melibatkan seluruh stakeholder dan komponen masyarakat,” imbuhnya.

Aziz kembali menjelaskan, program penanggulangan stunting secara konvergen ini dilakukan secara sistematis dari tahap perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi.

Menurutnya, kasus stunting bukan semata-mata disebabkan faktor ekonomi. Tetapi lebih ke pola asuh orang tua dalam memberikan asupan makanan yang ideal bagi balita.

BACA JUGA:  Tak Terapkan Protokol, Kios Pedagang akan Ditutup

“Semua pihak harus terlibat. Perlu dorongan sosial yang besar agar para orang tua secara rutin bersedia mengikuti kegiatan timbang dan penyuluhan tentang gizi balita,” jelasnya.

Mengubah pola pikir dan cara asuh orang tua dalam memberikan asupan gizi balita secara layak sesuai standar Pemenuhan Makanan Bayi dan Anak (PMBA) bukan hal yang mudah. Selain itu harus didukung dengan penerapan pola asuh yang baik seperti kualitas sanitasi dan akses air bersih.(cr/akh)

  • Bagikan