Minta Profesionalitas Aparatur Lebih Dikedepankan

  • Bagikan
Bupati Pemalang, Dr. H. Junaedi, SH., M.M
LANTIK: Bupati Pemalang, Dr. H. Junaedi, SH., M.M saat mengambil sumpaj janji 105 pejabat fungsional, beberapa waktu lalu. (HUMAS/ LINGKAR JATENG)

PEMALANG – Bupati Pemalang, Dr. H. Junaedi, SH., M.M didampingi Sekda M. Arifin dan Kepala BKD Pemalang, Sugianto, melantik dan mengambil sumpah janji 105 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang Tahun 2020. Agenda tersebut dilakukan di Pendopo Kabupaten Pemalang, belum lama ini.

Dalam sambutannya, Bupati meminta agar profesionalitas aparatur lebih dikedepankan. Pengangkatan dalam jabatan fungsional, kata Bupati didasarkan pada jenjang pendidikan dan potensi.

Sehingga hal itu dapat membuka peluang luas untuk mereka berinovasi, mengembangkan ide dan gagasan guna meningkatkan mutu. Dengan semakin meningkatkan kualitas kinerja, maka akan memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

Selanjutnya Bupati mengatakan, pelantikan pejabat fungsional dilaksanakan sebagai pengakuan pemerintah atas kualitas dan potensi. Jabatan fungsional menurut Bupati adalah keahlian dan keterampilan dan diharapkan mereka bisa memahami tugas pokok dan fungsional yang disandangnya.

“Mari tingkatkan kedisiplinan dan profesionalitas,” ajak Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepada Kepala Perangkat Daerah atau atasan langsung, agar mengkuatkan kembali pengawasan internal terjadwal. Agar fungsi pengawasan melekat yang ada di dilingkunganya.

Junaedi mengingatkan bahwa mereka merupakan salah satu tokoh masyarakat di lingkungannya masing-masing. Karenanya, mereka diimbau untuk dapat berperan aktif memberikan informasi kepada masyarakatt sebagai Public Relation Pemerintah Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:  Desain Surat Suara Pilkada Pemalang Sudah Resmi

”Saya yakin dan percaya saudara-saudara tahu apa yang harus dilakukan di lingkungan masing -masing. Karena saudara -saudara menjadi magnet di lingkungan. Apa yang saudara katakan dan berikan. Kalau anda profesional, kalau anda sebagai pelayan terbaik, pasti akan diikuti oleh masyarakat sekitar,” terangnya.

Menurutnya, profesional yang melekat pada mereka dan apa yang dilakukan pasti akan di potret atau dilihat oleh semua pihak disekelilingnya. Karena itu Bupati minta supaya mereka dapat menjadi ASN yang berkualitas dan bisa memberikan informasi yang baik kepada masyarakat dan menjadi contoh yang terbaik bagi lingkungannya.

Lebuh jauh Bupati mengatakan, sambatan dan tantangan pasti ada. Namun tantangan dan hambatan itu hendaknya dapat dijadikan sebagai peluang untuk menjadi pelayan yang terbaik, profesional dan disegani oleh masyarakat

“Disiplin PNS menjadi salah satu kunci keberhasilan. Disiplin dalam melaksanakan tugas keseharian, disiplin dalam mengemban amanah sebagaimana jabatan fungsional yang disandang akan menjadi kunci sukses dalam rangka meniti karier,” ujar Bupati. (hms/fat)

  • Bagikan