Mundur Lagi, Darurat Covid-19 Diperpanjang hingga 31 Desember

  • Bagikan
Darurat Covid-19
PEMAKAMAN: Petugas kesehatan khusus Covid-19 sedang membumikan mayat pasien terjangkit Covid-19 sesuai protokol kesehatan. (ANTARA/ LINGKAR JATENG)

YOGYAKARTA – Status tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 kembali diperpanjang. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X menyatakan perpanjangan tersebut berlaku hingga 31 Desember. Sebab, masih banyak kasus Covid-19 di wilayahnya.

“Karena (kasus penularan) naik dan fluktuatif. Kita tidak tahu persis kapan selesainya,” ungkap Sri Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (30/11).

Apabila kasus Covid-19 belum stabil dan cenderung naik, imbuh Sultan, status tanggap darurat tersebut akan terus panjang. Baginya, keselamatan para warga adalah hal utama. Pemerintah tidak boleh terburu-buru melepaskan status darurat, apabila kondisinya memang belum memungkinkan.

Perpanjangan status darurat diputuskan melalui SK Gubernur Nomor 358/KEP/2020 tentang Penetapan Perpanjangan Ketujuh Status Tanggap Darurat Bencana COVID-19 DIY. Dalam kesempatan yang sama, Sultan menekankan pada Wakil Gubernur DIY selaku Ketua Satgas Covid-19 DIY untuk melaksanakan upaya tepat guna meminimalisasi dampak wabah Covid-19.

Berdasarkan Berty Murtiningsih, Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di daerah itu pada pada Minggu (29/11) bertambah 139 sehingga total menjadi 5.922 kasus. Sementara sampel mencapai 111.364 dari total pemeriksaan 93.950 orang. (ara/abu)

  • Bagikan