1.708,04 Hektare Lahan Pertanian Diasuransikan

  • Bagikan
Lahan Pertanian Diasuransikan
ASURANSI TANI: Pemaparan partisipasi petani di Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/ LINGKAR JATENG)

KULON PROGO – 1.708,04 hektare lahan pertanian di Kabupaten Kulon Progo diikutsertakan dalam Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi kerugian apabila gagal panen disebabkan bencana dan serangan hama. Di Kulon Progo, partisipasi petani dikategorikan cukup tinggi dibandingkan dengan kabupaten lain di DIY.

“Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo mendapat apresiasi terbaik dari PT Jasindo sebagai kabupaten terluas dan terbaik dalam pengelolaan AUTP di DIY,” kata Aris Nugraha, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Senin (30/11).

Selain Kulon Progo, kabupaten lain yang mengikuti AUTP adalah Gunung Kidul dengan 8,4 hektare, Sleman dengan 0,4 hektare, dan Bantul dengan 174,48 hektare. Menurut Aris, Kulon Progo bisa jadi yang tertinggi karena pihak dinas selalu menyosialisasikan pentingnya asuransi tersebut. Sebab, usaha tani berpotensi rugi karena ketidakstabilan iklim, serangan hama, dan penyakit.

Aris menambahkan, AUTP adalah solusi tepat agar petani tidak buntung di akhir. Adapun premi AUTP kini 3 persen, berkisar Rp180 ribu per hektare per musim tanam. Bantuan pemerintah saat ini, di sisi lain, sebesar 80 persen dengan rincian Rp144 ribu per hektare per musim tanam.

BACA JUGA:  Pemkab Sleman Bagikan 130 Ribu Masker

“Saat ini petani harus membayar premi swadaya 20 persen proporsional sebesar Rp36 ribu,” pungkasnya. (ara/abu)

  • Bagikan