BPBD Tes Swab Petugas-Relawan Merapi

  • Bagikan
petugas-relawan erupsi Gunung Merapi
TES SWAB: Satgas Covid-19 tengah melakukan tes swab kepada para petugas-relawan erupsi Gunung Merapi untuk mencegah penularan. (ANTARA/ LINGKAR JATENG)

SLEMAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, melaksanakan tes swab Covid-19 di Posko Utama Pakem. Sebanyak 96 petugas relawan diperiksa. Langkah ini ditempuh untuk mencegah rantai Covid-19 di area pengungsian.

“Swab antigen bagi petugas dan relawan ini kani lakukan Rabu kemarin. Dari 96 petugas dan relawan yang dites, semuanya negatif,” terang Makwan, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD di Sleman, Kamis (3/12).

Bagi Makwan, tes ini penting dilakukan untuk memastikan segala proses penanganan pengungsi berjalan dengan baik, terutama di barak Glagaharjo. Ia tak ingin tempat keamanan justru jadi sarang Covid-19.

Soal swab antigen, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Joko Supriyanto mengatakan, pihaknya mendapat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 2.500 unit. Selain digunakan untuk relawan dan petugas, alat tes tersebut juga bisa dipakai jika ada tamu yang berkunjung.

“Misalnya seperti kemarin kunjungan Kepala BNPB, atau kunjungan Komisi VIII DPR RI. Semua yang datang harus dilakukan swab antigen,” katanya.

BACA JUGA:  Pemkot Yogyakarta Alokasikan Rp 400 Juta untuk Bersihkan Pedestrian Malioboro

Adapun pengelolaan swab antigen tidak dilakukan sendiri, melainkan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. “Semua diserahkan ke Dinkes Sleman, karena baik teknis maupun prosedurnya, Dinkes yang lebih paham. Tinggal koordinasi kalau butuh,” tutupnya. (ara/abu)

  • Bagikan