Covid Meningkat, Jam Malam Kembali Diterapkan

  • Bagikan
Bupati Pati Haryanto
ANTISIPASI: Bupati Pati Haryanto memutuskan kembali untuk menerapkan jam malam mulai 5 November sampai waktu yang tidak ditentukan. (ACHWAN/ LINGKAR JATENG)

PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati kembali menerapkan jam malam melalui surat edaran (SE) No. 443/3257 yang dikeluarkan oleh Bupati Pati. Pemberlakuan aturan tersebut resmi diterapkan pada 5 November 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

Bupati Pait Haryanto menegaskan, penerapan jam malam kali ini tak mengalami pembatasan. Pelaksanaannya tergantung perkembangan kasus Covid-19 di Pati. Pemberlakuan jam malam ini menyusul kondisi Kabupaten Pati yang selama 11 minggu berturut-turut dinyatakan sebagai zona merah.

“Sebelum jam malam dijalankan akan ada sosialisasi terlebih dahulu. Sehingga masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan kebijakan ini,” katanya, kemarin.

Kebijakan ini juga merupakan bentuk antisipasi adanya libur penghujung tahun yakni natal dan tahun baru. Ia prihatin dengan menurunnya ketaatan masyarakat dalam menerapkan prokes. Menurutnya jika tak ada langkah tegas, kondissi demikan bakal berlarut-larut.

“Yang disalahkan satgas pusat jelas saya. Sebab Kepala daerah juga merangkap ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid. Padahal kita sudah berupaya maksimal,” ucapnya.

Terkait kegiatan kebaktian di gereja menjelang natal, pemkab masih memperbolehkan aktivitas ibadah. Meski dalam pelaksanaannya dibatasi hanya 50 orang, sesuai surat Kemendagri dan Surat Gubernur Jawa Tengah.

BACA JUGA:  Tegakkan Perda Kawasan Tanpa Rokok

“Kalau ada acara ibah lebih lebih dari jumlah itu, harus mengajukan izin kepada Polres. Kami tak bisa main-main soal ini,” jelasnya.

Tahun ini, pemkab juga meniadakan segala bentuk perayaan pesta tahun baru. Sebab berpotensi terjadi kerumunan yang menimbulkan transmisi penularan.

“Ketika ada hal buruk terjadi, yang kena sanksi adalah kepala daerah sebagai ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19. Undang-undangnya mengatur begitu. Masyarakat Pati tolong untuk lebih disiplin,” katanya.(cr4/akh)

  • Bagikan