Ingatkan Bahaya AIDS, Mahasiswa Bagikan Bunga

  • Bagikan
Mahasiswa Bagikan Bunga
SOLIDARITAS: Mahasiswa edukasi masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat Kabupaten Pati dengan cara membagikan bunga. (ACHWAN/ LINGKAR JATENG)

PATI – Guna memperingati hari AIDS sedunia, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Pati (KMPP) UIN Walisongo Semarang, membagikan seribu bunga dan masker untuk masyarakat dan pengguna jalan di Kota Pati.  Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dalam menyuarakan atau mengampanyekan pentingnya pencegahan HIV/AIDS.

“Sudah menjadi mandat sosial kami untuk membantu mengedukasi masyarakat agar terhindar dari penularan penyakit. Kami ingin ikut memperingatkan warga Pati untuk menjaga keluarganya dari virus mematikan ini,” terang Ketua Umum KMPP Semarang, Wahyu Aji Prasetiyo.

Wahyu menegaskan, edukasi dan sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS perlu digencarkan terus menerus. Mengingat, pergaulan bebas semakin marak terjadi pada remaja zaman sekarang. Mereka menyasar warga yang beraktivitas di sekitar Kompleks Stadion Joyo Kusumo, Taman Winong, Alun-alun Pati, dan Gedung Olah Raga (GOR) Pesantenan.

“Pergaulan bebas dan narkoba amat berdampak negatif terhadap kehidupan generasi muda. Baik secara agama, pendidikan, psikologis hingga kesehatan. HIV adalah bahaya laten,” jelas dia.

Keigatan ini tidak sekedar membagikan bunga, puluhan anggota KMPP juga memberikan masker gratis kepada warga Pati di empat lokasi yang mereka sisir.  Terbagi sejumlah kelompok, mereka turut mensosialisasikan gerakan 3 M, yakni mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker.

BACA JUGA:  Ratusan Orang Protes Proyek Sutet

“Kami juga memberikan masker gratis kepada warga. HIV masalah bersama, Covid pun demikian,” jelas Wahyu.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Pati ada sebanyak 171 Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Terbanyak dari Kecamatan Juana dengan 11 temuan. Sementara yang meninggal sebanyak 57 orang. Data tersebut dihimpun sejak bulan Januari hingga Oktober 2020.(cr4/akh)

  • Bagikan