Tak Ada Izin Acara Berkerumun

  • Bagikan
Pembubaran kegiatan yang menimbulkan kerumunan di Yogyakarta
DISIPLIN: Pembubaran kegiatan yang menimbulkan kerumunan di Yogyakarta, beberapa waktu lalu. (ANTARA/ LINGKAR JATENG)

YOGYAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta memastikan tidak akan mengeluarkan izin untuk kegiatan berpotensi menimbulkan kerumunan. Hal ini dilakukan untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19. Apalagi sebentar lagi libur panjang akhir tahun datang.

“Biasanya, ada banyak event yang digelar menjelang akhir tahun. Namun untuk saat ini, kami tidak akan memberikan rekomendasi untuk kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Heroe, rekomendasi hanya akan diberikan untuk penyelenggaraan kegiatan yang berlangsung di dalam ruangan dan penyelenggara benar-benar bisa memastikan seluruh protokol kesehatan bisa dilaksanakan dengan ketat. Prokes tidak hanya sebatas memastikan seluruh peserta memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Tetapi juga harus memperhatikan kapasitas ruangan dengan jumlah peserta.

“Tentunya, penyelenggara harus mengajukan izin terlebih dulu dan kami akan melakukan review terhadap standar protokol kesehatan yang akan dilaksanakan sebelum memberikan rekomendasi,” terangnya.

Adapun untuk kegiatan di luar ruangan, lanjut Heroe, Satgas takkan memberikan izin karena risiko penularan cukup tinggi. Hal ini disebabkan potensi jumlah massa dan keterabaian prokes.

BACA JUGA:  Pemdes Bae Belum Bolehkan Kegiatan Berkerumun

Heroe menegaskan akan menghentikan sebuah kegiatan apabila penyelenggara tidak bisa menjalankan prokes dengan ketat. Pembubaran akan tetap dilakukan meski panitia telah mengantongi izin. (ara/abu)

  • Bagikan