Presiden: Vaksin Covid-19 Gratis

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo
TINJAU: Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi oleh Kepala Divisi Produksi Farmasi Hikmat Alitamsar berjalan di fasilitas produksi vaksin Covid-19 di Bio Farma, Bandung, belum lama ini. (ANTARA/ LINGKAR JATENG)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa vaksin Covid-19 adalah gratis bagi kalangan masyarakat. Hal itu ditegaskan Jokowi saat memberikan keterangan pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Rabu (16/12).

“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis,” kata Presiden.

Presiden memerintahkan jajaran Kabinet Indonesia Maju, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memrioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. Ia juga menginstruksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk merealokasikan dana dari anggaran lain untuk ketersediaan program vaksinasi gratis tersebut.

“Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” ucapnya.

Selain itu, Presiden juga menegaskan bahwa dirinya akan menjadi penerima pertama vaksinasi Covid-19. “Saya ingin menegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali,” ujar Presiden. (ara/gih)

  • Bagikan