Rabu, Januari 27, 2021
Beranda Karesidenan Semarang Kota Semarang Masyarakat tak Perlu Ragu

Masyarakat tak Perlu Ragu

SEMARANG – Para pejabat di Jawa Tengah telah disuntik vaksin Covid-19 tahap pertama, Kamis (14/1). Mulai dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen, Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman dan lainnya. Mereka semua menghimbau kepada masyarakat agar tak perlu ragu untuk ikut vaksinasi nanti.

Ganjar mengajak masyarakat agar tidak takut disuntik vaksin guna mengantisipasi bertambahnya kasus Covid-19. “Tidak apa-apa, biasa saja, rasanya seperti ‘dicokot’ semut, jadi masyarakat gak usah takut,” katanya usai disuntik vaksin Covid-19 di RSUD Tugurejo.

Ia menjawab keraguan masyarakat terkait dengan dampak setelah disuntik vaksin Covid-19. Setelah divaksin dan menunggu selama 30 menit, orang nomor satu di Jateng itu tidak merasakan ada dampak apapun.

“Saya ditanya dokter setelah 30 menit divaksin gimana, ada rasa apa, saya jawab lapar, ternyata belum sarapan. Jadi ini tidak ada rasa apa-apa,” ujarnya.

Ia mengaku tidak ada persiapan apapun terkait dengan suntik vaksin Covid-19 yang mulai dilaksanakan di Jateng secara bertahap. Sebab, penyuntikan vaksin sudah sering dilakukannya selama ini.

“Kita waktu kecil pernah dapat imunisasi, mau berangkat umrah atau haji, juga divaksin meningitis. Sebenarnya ini sesuatu yang biasa saja, masyarakat tidak perlu takut. Insyaallah dengan vaksinasi ini akan membantu kekebalan kita,” katanya.

Ia menegaskan kepada masyarakat untuk tidak perlu takut dan ragu divaksin. Dirinya bersama forkompimda di Jateng sudah membuktikan bahwa vaksin aman. “Alhamdulillah semua ‘seger-seger’ saja, jadi masyarakat gak perlu takut atau ragu karena kehalalan sudah dipastikan, keamanan sudah diuji. Ini ikhtiar kita untuk melawan Covid,” ujarnya.

Kendati demikian, Ganjar terus meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam kehidupan sehari-hari. “Jangan sampai prokesnya menurun karena sudah ada vaksin. Awas ini, prokes harus tetap dijaga dan dilaksanakan dengan ketat. Begitu sudah 70 persen masyarakat Indonesia divaksin, maka kita nanti lihat hasilnya seperti apa,” katanya.

Selain Ganjar Pranowo yang menjadi orang pertama di Jateng disuntik vaksin Covid-19, juga tampak hadir di RSUD Tugurejo yakni Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, dan Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman.

BACA JUGA:  Gus Yasin Beri Solusi saat Pandemi

Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen atau yang akrab dipanggil Gus Yasin menjadi orang kedua di Jawa Tengah yang divaksin. Ia optimis, usai vaksinasi berjalan lancar, kondisi akan berjalan lebih baik.

Gus Yasin mengenakan piyama, sarung dan pecis. Dari pantauan, ia terlihat tenang dan santai mengikuti proses vaksinasi yang dilakukan di RSUD Tugurejo itu.

“Rasanya ya sama dengan disuntik, rasa disuntik seperti apa, ya seperti itu. Nggak ada bedanya. Cuman bedanya setelah divaksin ini, kita diminta menunggu 30 menit kalau ada indikasi lainnya. Tapi alhamdulillah aman,” katanya.

Kepada masyarakat, Gus Yasin meminta dukungan penuh terhadap program vaksinasi ini. Menurutnya, ini adalah bentuk ikhtiar bersama dalam rangka melawan penyebaran Covid-19.

“Saya berharap pada masyarakat, sudahlah. Kita sudah melakukan vaksin, tadi yang disuntikkan pada kami, juga sama dengan yang akan disuntikkan pada masyarakat. Nggak ada perbedaan. Kami sudah melakukan, jadi hentikan, mari kita songsong kehidupan baru,” ucapnya.

Program vaksinasi ini, lanjut putra ulama kharismatik KH Maimoen Zubair itu, adalah awal untuk menyongsong hidup baru itu. Ia berharap setelah divaksin, semua kehidupan bisa berjalan normal lagi. “Kita bisa bekerja lagi, bisa ibadah dengan tenang, sekolah tenang dan lainnya. Jadi, ayo sukseskan vaksin,” tegasnya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menjadi salah satu yang menerima vaksinasi Sinovac tahap pertama bersama sejumlah pejabat Forkopimda Jawa Tengah. Setelah divaksin, ia mengaku tak merasakan apa-apa saat divaksin. “Jadi tidak ada keraguan bagi masyarakat saat menerima vaksinasi nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman yang juga turut divaksin dalam periode pertama itu mengatakan, masyarakat tidak perlu meragukan program vaksinasi ini. Sebab menurutnya, semuanya sudah diuji dengan baik.

BACA JUGA:  UMP Jateng 2021 Naik 3,27 Persen

“Tidak perlu diragukan, masyarakat kami harap mengikuti vaksinasi ini sebagai upaya mendukung program pemerintah. Masyarakat harus mendukung agar semua sehat. Sayangilah diri kita, keluarga dan seluruh masyarakat dengan mendukung program vaksinasi ini,” ucapnya. (ara/hms/git/gih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer

Pemprov Jateng Genjot Ekspor Produk Herbal

SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berusaha menggenjot ekspor produk herbal tahun ini. Produk ini dinilai banyak dibutuhkan sebagai salah satu penguat imun tubuh...

Ganjar Sebut PPKM Berdampak Positif

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyebutkan, pelaksanaan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) jilid I berdampak positif. Hal tersebut mengacu pada tingkat keterpakaian...

Resmikan Musala, Bupati: Semoga Berkah

KUDUS - Kehadiran Musala yang representatif di Blok D2 Pasar Kliwon diharapkan mendatangkan berkah bagi pedagang. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus,...

Ganjar Pesan 100 Unit GeNose

SEMARANG – Inovasi Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapat sambutan baik oleh pemerintah pusat. Alat pendeteksi buatannya, yakni GeNose C19 resmi dijadikan alat uji resmi...

Ganjar Lepas Relawan Penanganan Gempa di Sulbar

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengirimkan sejumlah relawan ke Sulawesi Barat untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di wilayah tersebut. Sebanyak 15...

Realisasi APBD 2020 Mampu Capai 97,93%

SEMARANG - Dihadapkan pada berbagai tantangan di masa pandemi, Pemerintah Kota Semarang tetap terus berkomitmen mengoptimalkan pelayanan. Tidak hanya pelayanan berbagai program pembangunan untuk...

Pembebasan Lahan Ganjal Pembangunan Tol Semarang-Demak

SEMARANG – Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak masih terus berlanjut. Meski begitu, pembebsan lahan masih menjadi problem utama. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo megatakan, kendala pembebasan...

Plt Bupati Pacu Kinerja Perangkat Daerah

KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terus mengupayakan yang terbaik untuk segala hal yang ada di wilayahnya. Hal ini dibuktikan dengan penyerahan penghargaan kepada...

Hartopo: Grogi Divaksin karena Sangat Percaya

KUDUS - Guna memberikan teladan bagi masyarakat, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, H.M. Hartopo menjadi orang pertama di Kota Kretek yang disuntik vaksin Covid-19...

Estafet Pembangunan akan Terus Berlanjut

PEMALANG - Saat ini, Kabupaten Pemalang sedang memasuki masa transisi menuju pergantian kepala daerah yang baru. Meski begitu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menjamin program...