31 Daerah di Jateng Canangkan Vaksinasi Serentak

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo. (SIGIT AF/ LINGKAR JATENG)

SEMARANG –  31 kabupaten/ kota di Jawa Tengah akan mencanangkan vaksinasi hari ini, Senin (25/1). Hal itu menyusul sebanyak 248.600 dosis vaksin yang sudah diterima Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (13/1).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan, vaksin yang belakangan datang merupakan termin kedua dari tahap satu vaksinasi Covid-19 untuk nakes.

“Sudah terkirim ke kabupaten kota, diharapkan sudah selesai semuanya. Tinggal beberapa kabupaten atau kota, tapi harapannya diselesaikan pada hari ini,” ujarnya, Minggu (24/1).

Ia menambahkan, berdasarkan surat edaran dari Sekda Provinsi Jawa Tengah, pada hari Senin akan dilakukan pencanangan vaksinasi. Yang pertama kali disuntik adalah Forkopimda dan tokoh masyarakat di daerah. Setelahnya, baru penyuntikan vaksin bagi para nakes.

“Maksimal 10 orang untuk divaksin pertama kali yakni, bupati atau walikota, ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Kadinkes, tokoh agama, tokoh kesehatan dan tokoh masyarakat. Setelah tokoh-tokoh itu, dilanjutkan dengan nakes di daerah masing-masing, pada hari Senin (25/1),” jelas Yuli.

Ia menjelaskan, pada pencanangan vaksinasi serentak akan diikuti 31 kabupaten dan kota. Sementara untuk Kabupaten Wonogiri, akan melakukan vaksinasi awal di hari Selasa (26/1). Sedangkan tiga wilayah (Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta) telah mencanangkan vaksinasi di Termin pertama tahap satu, pada 14 Januari lalu.

Terkait progres vaksinasi termin pertama tahap satu, untuk 32.973 nakes, hingga kini telah mencapai 54,6 persen. Data per 24 Januari menunjukan, 19.790 orang telah mendapat suntik vaksin.

Di termin pertama, tahap satu Jateng mendapat 62.560 dosis vaksin, yang didistribusikan ke tiga wilayah yakni, Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta. Dengan progres tersebut, untuk vaksinasi termin pertama ditarget rampung pada Senin esok atau maksimal tanggal 28 Januari 2021.

BACA JUGA:  Ganjar : Perlu Prokes Khusus Tangani Klaster Ponpes

“Untuk tiga daerah yang sudah dilaksanakan, kita selesaikan sampai hari Senin, paling lambat tanggal 28 Januari. Untuk termin satu, penyuntikan pertama. Kalau untuk nakes semuanya diharapkan selesai pada Februari 2021,” pungkas Yuli.

Sebelumnya, sebanyak 12 daerah di Jawa Tengah telah menerima kiriman vaksin sebanyak 248.600 vial (dosis), kemarin.  Ke 12 daerah tersebut yakni, Karanganyar, Salatiga, Batang, Grobogan, Kudus, Boyolali, Pati, Kendal, Jepara, Klaten, Demak dan Wonogiri.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, wilyah yang dipimpinnya mendapat 248.600 vaksin yang diangkut dengan 4 mobil. Vaksin yang diterima di gudang Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah langsung dibagikan ke 12 daerah untuk melaksanakan tahap pertama vaksinasi.

Ganjar mengatakan, Plh Sekda Jateng Prasetyo Aribowo juga telah mengirimkan surat kepada 12 kepala daerah tersebut. Surat tersebut adalah instruksi untuk melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi.

“Nah kita mau harapannya senin besok, bupati  forkopimda sudah menjadi contoh seperti di provinsi dan pusat untuk mereka disuntik vaksinasi, langsung diikuti seluruh nakes. Sehingga harapannya percepatan kita terlaksana, itu untuk tahap pertama mereka,” ujar Ganjar, Sabtu.

Ganjar berharap, daerah yang telah mengambil vaksin, bisa segera mempersiapkan pelaksanaan sehingga Senin langsung dilakukan vaksinasi. “Senin, jadi kalau hari ini langsung diambil harapan kita hari Minggu besok mereka mempersiapkan Senin eksekusi,” tegasnya.

Di sisi lain, Ganjar menegaskan untuk pelaksanaan vaksinasi kedua bagi 3 daerah pertama juga siap dilakukan pada 28 Januari mendatang. Vaksin yang digunakan tentu menggunakan vaksin dari vaksin yang pertama kali diterima Jateng.

“Tahap keduanya kita yang ini sudah siap karena dosisnya kan sudah siap ya yang kemarin rombongan pertama dan yang rombongan pertama itu nanti akan disuntik lagi tanggal 28. Jadi insyaallah kita siap,” tegasnya. (git/gih)

  • Bagikan