Hartopo: Grogi Divaksin karena Sangat Percaya

  • Bagikan
Plt Bupati H.M. Hartopo
TELADAN: Plt Bupati Kudus H.M. Hartopo jadi orang pertama yang divaksin di Kudus. (HUMAS / JOGLO JATENG)

KUDUS – Guna memberikan teladan bagi masyarakat, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, H.M. Hartopo menjadi orang pertama di Kota Kretek yang disuntik vaksin Covid-19 merek Sinovac.  Hartopo mengaku sempat grogi saat hendak disuntik. Namun, groginya bukan karena takut, melainkan karena terlalu sangat percaya pada maksimalnya vaksin tersebut.

“Awalnya grogi karena disuntik, dan rasanya seperti digigit krangkang atau semut merah,” terangnya selepas divaksin di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Loekmono Hadi Kudus, kemarin.

Hartopo menambahkan, masyarakat  juga tak perlu khawatir atas kehalalan dan keamanan vaksin Covid-19. Sebab, uji klinis sudah dilakukan oleh dua instansi terpercaya, yakni Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Jadi vaksin ini ya sudah aman dan halal. Tidak usah cemas, percaya ini sudah aman,” tegasnya.

Penyuntikkan dilaksanakan oleh dokter spesialis anastesi sekaligus Ketua Komite Medis RSUD dr Loekmono Hadi, yakni dr Noor Hadi. Selepas vaksinasi, orang nomor satu di Kudus tersebut menceritakan tidak merasakan efek samping apa pun. Hal senada juga yang dialami oleh para unsur pimpinan daerah. Selama 30 menit pemantauan, tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

BACA JUGA:  Ikuti Prosedur, Pemkab Kudus akan Lakukan Simulasi dan Mapping

“Kami tadi sempat berbincang-bincang, tidak ada efek apa-apa setelah disuntikkannya vaksin itu. Aman-aman saja,” imbuhnya.

Dalam vaksinasi tersebut, ada sembilan pejabat esensial lain di Kudus yang memperoleh jatah. Di antaranya Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, Dandim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto, Ketua PN Kudus Singgih Wahono, Kejari Kudus Tri Joko, Plt Kepala Dinas Kesehatan Andini Aridewi, Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus Abdul Aziz Achyar, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Maya Susanti, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama Ihsan, dan Ketua IDI Kudus Ahmad Syaifuddin. (cr6/abu)

  • Bagikan