Hartopo Dukung Penggunaan GeNose di Jateng

  • Bagikan
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, H.M. Hartopo

WACANA penggunaan GeNose di Jawa Tengah mendapatkan antusiasme dari berbagai kalangan. Selaku orang nomor satu di Kabupaten Kudus, H.M. Hartopo juga menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya, penggunaan GeNose tersebut nantinya dapat mempercepat tracing dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

“Kami sangat mendukung adanya GeNose. Tracing dan pendeteksian Covid-19 berjalan cepat,” tuturnya dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo secara virtual di Command Center Diskominfo Kudus, belum lama ini.

Selain itu, Hartopo menjelaskan saat ini masyarakat Kabupaten Kudus menghadapi bencana banjir di tengah pandemi. Banjir berasal dari luapan sungai sejak 6 Februari lalu. Pihaknya menuturkan, area Kabupaten Kudus yang berdampak yakni Kecamatan Jekulo, Mejobo, dan Jati. Beberapa daerah yang terkena banjir merupakan area cekung.

Berbagai usaha telah dilakukan oleh Pemkab Kudus. Salah satu upaya yang telah dilakukan yakni dengan memompa genangan air. Namun, lanjut Hartopo, satu dari pompa air mati sehingga tak maksimal. Pihaknya berencana akan merenovasi tanggul saat musim kemarau.

BACA JUGA:  Kemenparekraf Himbau Objek Wisata Kudus Terapkan Gerakan BISA

“Agenda kami akan merenovasi tanggul saat kemarau,” tekan Hartopo.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo merespon akan siap membantu Kabupaten Kudus terkait banjir. Pihaknya meminta agar Dinas PUPR Kudus berkomunikasi dengan PUPR Provinsi Jateng terkait desain penanganan daerah cekung. Ganjar mengapresiasi upaya Pemkab Kudus untuk mengatasi banjir.

“Nanti Dinas PUPR Kudus langsung menghubungi Dinas PUPR Provinsi nggih. Pokoknya kalau Pemerintah Kabupaten kompak saya yakin penanganan berjalan lancar,” paparnya. (hms/abu)

  • Bagikan